Selasa 07 Nov 2017 20:30 WIB

Dion Wiyoko Setuju Sertifikasi Artis Peran

Dion Wiyoko
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Dion Wiyoko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis peran Dion Wiyoko mengaku setuju jika dilakukan sertifikasi terhadap kualitas akting para pemain peran di Indonesia.

"Saya setuju jika ada sertifikasi, kalau di luar negeri sudah ada hal seperti itu," ujar Dion dalam konferensi pers Festival Film Indonesia (FFI) di Jakarta, Selasa (7/11).

Menurut dia, lebih baik ada institusi profesi yang menaungi para artis. Dengan adanya sertifikasi itu juga berkaitan dengan masalah honor yang didapat oleh artis peran itu.

"Akan lebih juga ada upah minimum seperti upah minimum regional (UMR). Figuran sudah nunggu syuting 12 jam, tapi cuma dibayar Rp 100.000, dipotong agensi paling hanya dapat Rp 30.000," jelas suami Fiona Anthony itu.

Dia mengaku pernah menjalani peran sebagai figuran dan tahu betapa kecilnya honor sebagai figuran. Melalui sertifikasi, dia berharap akan ada perbaikan regulasi dalam dunia perfilman.

Dion Wiyoko sendiri meraih nominasi pameran pendukung pria pada FFI 2018 yang akan diselenggarakan di Manado, 11 November 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement