Selasa 07 Nov 2017 10:24 WIB

CPP Harus Disiram dengan Air dari Keluarga Wanita

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari
Para tamu mulai meninggalkan kediaman Joko Widodo usai mengikuti proses siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Para tamu mulai meninggalkan kediaman Joko Widodo usai mengikuti proses siraman Kahiyang Ayu, Selasa (7/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Keluarga Joko Widodo menyerahkan air siraman kepada keluarga mempelai pria, Bobby Nasution. Air siraman yang berasal dari tujuh sumber mata air itu dibawa keluarga Jokowi dari lokasi siraman Kahiyang ke hotel Alila, tempat prosesi siraman Muhhammad Bobby Afif Nasution pada Selasa (7/11) pagi tadi.

Budayawan Solo yang juga dosen budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Mufti Raharjo menjelaskan dalam adat pernikahan Jawa, mempelai wanita wajib menyerahkan air untuk siraman calon suaminya. "(Air) itu diserahkan dari wanita ke pria. Mempelai wanita siapkan air dari tujuh sumur juga memberikannya," tutur Mufti.

Dengan mengendarai minibus hitam, keluarga Jokowi membawa air siraman dalam sebuah kendi yang telah dihias kembang melati. Air siraman dibawa sesaat setelah prosesi pemasangan bleketepe atau daun kelapa muda dan tuwuhan di depan rumah Jokowi.

Prosesi siraman Kahiyang di kediamannya di Sumber, Solo, berlangsung tertutup. Malam hari nanti, diagendakan kedua mempelai akan kembali menjalani prosesi adat lainnya yakni midodareni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement