Senin 23 Oct 2017 07:59 WIB

Tips Menjaga Kualitas Pakaian

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Rawat pakaian sebaiknya agar bisa bertahan lama.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Rawat pakaian sebaiknya agar bisa bertahan lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakaian adalah salah satu investasi. Entah digunakan untuk sehari-hari maupun untuk keperluan pesta, sebaiknya pakaian tetap dijaga agar awet dan tahan lama.

Dalam merawat dan menjaga kualitas pakaian sangatlah penting agar pakaian tetap seperti baru. Dosen Jurusan Fashion Design LaSalle Collage International Jakarta, Ardha Ardea Prisilla mengatakan pentingnya menjaga kualitas pakaian tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama para desainer dan mereka yang berkecimpung di dunia mode.

"Yang paling mudah untuk mengetahui bagaimana cara merawat pakaian adalah dengan memperhatikan label pakaian, di situ kita dapat mengetahui bagaimana cara merawat pakaian mulai dari cara mencuci, menjemur hingga menyetrika," ujarnya saat acara Jakarta Fashion Week 2018 di Jakarta.

Menurutnya, konsumen harus jeli terhadap bahan pakaian. Ada beberapa bahan pakaian yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci maupun hanya dicelupkan ke dalam air dan menyikat halus.

"Perhatikan juga produk deterjen yang tepat dan pelembut pakaian," ucapnya.

Selain teknik mencuci, menjemur ternyata juga berpengaruh pada awet tidaknya pada pakaian. Hindari penjemuran yang terlalu lama. Sebab, akan membuat baju menjadi bau matahari, ini juga akan mengikis kualitas dan warna pakaian.

Kemudian, soal menyetrika. Semisal, kain sutra memiliki sifat benang yang halus maka sebaiknya disetrika dengan suhu hangat dan menggunakan kain alas sehingga setrika tidak menyentuh kain langsung atau bisa juga dengan cara dibalik.

"Cara menyetrika setiap jenis bahan atau kain berbeda-beda, bahkan ada jenis kain yang tidak boleh disetrika. Ya contoh itu bahan sutera dengan linen berbeda," ungkapnya.

Terakhir, cara penyimpanan pakaian. Agar tetap awet sebaiknya di dalam lemari diberikan bahan pengawet pakaian atau pengharum lemari pakaian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement