Kamis 03 Mar 2016 08:17 WIB

Seberapa Seringkah Pakaian Ini Perlu Dicuci?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Cucian baju
Foto: pixabay
Cucian baju

REPUBLIKA.CO.ID, Wanita memiliki beragam model baju yang berasal dari bahan-bahan yang berbeda pula. Tiap bahan ini memiliki waktu yang berbeda untuk dicuci. Ada baju yang dapat digunakan beberapa kali sebelum dicuci, ada pula yang harus dicuci setelah dikenakan. Berikut ini ialah tips mencuci beragam jenis pakaian agar baju tetap segar.

Baju kerja

Jika pengguna bekerja di dalam ruangan ber-AC, maka baju kerja seperti blazer dan rok, dapat digunakan empat hingga lima kali sebelum dicuci. Caranya, selalu gantung baju kerja yang telah digunakan setidaknya 24 jam sebelum kemudian digunakan lagi. Sedangkan jaket yang digunakan untuk kerja dapat digunakan lima sampai enam kali sebelum dicuci.

Sweater

Jika pengguna mengenakan baju lain di balik sweaternya, maka sweater tersebut dapat digunakan enam kali atau lebih sebelum kemudian dicuci. Akan tetapi jika pengguna langsung mengenakan sweater tanpa mengenakan pakaian lain, maka sweater hanya dapat digunakan satu atau dua kali saja sebelum dicuci. Pastikan bagian leher, lengan dan siku benar-benar bersih saat dicuci.

Baju tidur

Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan keringat. Ribuan sel kulit mati juga terlepas saat tubuh tertidur. Oleh karena itu, baju tidur perlu dicuci setelah dua atau tiga kali dikenakan. Akan tetapi, jika pengguna terbiasa mandi sebelum tidur, maka baju tidur dapat dikenakan lebih lama.

Baju olahraga dan yoga

Saat berolahraga atau melakukan yoga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, baju olahraga yang dikenakan perlu harus dicuci setelah berolahraga atau melakukan yoga. Perlakuan yang sama juga perlu diterapkan pada pakaian renang. Pengguna juga tidak boleh lupa untuk membersihkan sepatu dan juga tas olahraga dengan tisu anti kuman.

Baju luar

Baju luar dapat digunakan beberapa kali sebelum dicuci, kecuali terkena kotoran. Akan tetapi, di sela penggunaan, baju luar memerlukan jeda untuk digantung atau diangin-angini. Untuk memastikan baju luar masih bersih, cek di bagian leher, tangan dan juga siku, dikutip dari About.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement