Senin 23 Oct 2017 05:18 WIB

Cara Ampuh Hilangkan Plak Gigi dengan Mudah

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Biji wijen
Foto: pixabay
Biji wijen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plak atau karang gigi merupakan gangguan mulut yang sangat mengganggu. Bukan hanya berpengaruh pada kesehatan gigi, plak juga merupakan sumber bakteri di dalam mulut. Untuk menjaga kesehatan gigi disarankan menggosoknya sebanyak dua kali sekali. Tapi asal tahu saja, sikat gigi tidak mampu menjangkau beberapa sudut di dalam mulut. Akibatnya, timbul plak.

Kesehatan mulut harus terus dijaga. Ketika plak sudah tinggal cukup lama di dalam mulut, maka keberadaannya akan berubah menjadi karang gigi. Akibatnya, plak menjadi sulit dibersihkan dengan cara tradisional sehingga harus pergi ke dokter.

Namun demikian ada beberapa cara mudah untuk menjaga mulut bebas dari plak. Bahkan beberapa makanan ini sering kali dikomsumsi tetapi manusia tidak menggunakannya untuk membersihkan plak. Berikut sedikit tips sederhana dari Times of India untuk menghilangkan plak.

Cuka

Berkumur dengan cuka bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan plak. Cuka juga mengandung anti bakteri mulut. Larutkan dua sendok makan cuka dengan segelas air, kemudian tambahkan sedikit gula. Berkumurlah dengan larutan tersebut. Lakukan rutin setiap hari.

Biji Wijen

Mengunyah biji wijen bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan plak. Caranya cukup mudah, yakni kunyah sedikit biji wijen. Kemudian dengan sisa remahan di dalam mulut mulailah menyikat gigi. Remahan tersebut bisa berfungsi sebagai scrub perontok plak.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki fungsi sebagai anti inflamasi yang bisa membantu menghilangkan plak dari gigi atau gusi. Daun tersebut juga bisa membantu mencegah rasa sakit gusi tidak sehat. Cukup kunyah beberapa lembar daun jambu biji yang telah dicuci bersih. Setelah benar-benar halus, muntahkan kunyahan tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari.

Teh Hitam

Teh Hitam juga mengandung anti oksidan tinggi dan anti bakteri. Seduh teh hitam secukupnya dalam secangkir gelas. Kemudian tunggu dingin sekitar lima menit. Gunakan larutan teh hitam untuk membilas mulut. Lakukan rutin setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement