Ahad 22 Oct 2017 14:01 WIB

Rumah Terbalik yang Wajib Dikunjungi Saat ke Mandalika

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Dwi Murdaningsih
Rumah Terbalik di Jalan Raya Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsyi
Rumah Terbalik di Jalan Raya Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang menjadi pembicaraan dalam beberapa hari terakhir usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (20/10). Tak hanya keindahan pantai dan gugusan bukit yang menawan, Mandalika juga memiliki objek wisata yang begitu kekinian bagi generasi milenial.

Adalah Rumah Terbalik. Berada di Jalan Raya Kuta, membuat destinasi anyar ini sangat mudah diakses bagi pengunjung yang sedang berada di Pantai Kuta Mandalika. Jarak antara Pantai Kuta Mendalika dan Rumah Terbalik tidak lebih dari 1,1 Km, atau 5 menit dengan kendaraan.

Jalan Raya Kuta sendiri menjadi salah satu titik keramaian mengingat banyaknya restoran maupun kafe yang tidak pernah sepi dari turis-turis mancanegara.

Pemilik Rumah Terbalik, Etik Purwanti (29) mengaku ingin menjadikan Rumah Terbalik sebagai salah satu destinasi wisata alternatif bagi para wisatawan selain wisata alam yang ada di Mandalika.

"Anak-anak muda kan senang dengan hal-hal seperti ini untuk kemudian dipamerkan di media sosialnya masing-masing," kata Etik saat disambangi Republika.co.id di Rumah Terbalik, Lombok Tengah, NTB, Ahad (22/10).

Terdapat sejumlah ruangan dengan ragam tema seperti kamar tidur, kantor, ruang perawat, toilet, salon, dapur, ruang tamu, hingga pom bensin yang semuanya diletakan dengan terbalik. Etik mengaku terinspirasi dari sejumlah rumah terbalik yang sudah lebih dahulu hadir di Bali dan Yogyakarta. Menurutnya, adanya Rumah Terbalik di Lombok membuat masyarakat di Pulau Seribu Masjid ini tidak perlu pergi jauh-jauh ke Bali maupun Yogyakarta untuk berswafoto dengan gaya terbalik.

Meski baru soft opening pada Juli lalu, animo wisatawan dari kalangan generasi muda domestik cukup terlihat. Sedangkan, wisatawan mancanegara (wisman) tampak sedikit kebingungan karena mengira ini adalah tempat penginapan.

Yang menarik, Rumah Terbalik juga menyediakan bioskop mini 9 Dimensi kapasitas 12 orang dengan tarif Rp 40 ribu per oramg. Jantung pengunjung akan dipacu keras lantaran tayangan yang diputar seolah-olah hadir tepat di depan mata. Selain itu, ada juga bioskop mini berkapasitas 20 orang yang menyajikan film-film sesuai permintaan. Pengunjung hanya dipungut biaya Rp 50 ribu untuk menikmati film-film tersebut.

Meski begitu mengesankan, Etik masih ingin meningkatkan sejumlah fasilitas di Rumah Terbalik. Ke depan, lantai-lantai tempat pengunjung berjalan akan dihiasi interior dengan gambar 3 dimensi.

Dengan merogoh kocek Rp 60 ribu untuk dewasa, dan Rp 30 ribu untuk anak-anak, pengunjung sudah bisa berswafoto ria dengan gaya terbalik di Rumah Terbalik yang beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 10.00 Wita hingga 19.00 Wita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement