Selasa 10 Oct 2017 15:34 WIB

Agar Sedap Malam tak Mudah Busuk

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung membeli bunga jenis sedap malam di bazar bunga Rawa Belong, Jakarta Barat.
Foto: dok Republika
Pengunjung membeli bunga jenis sedap malam di bazar bunga Rawa Belong, Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pojok Pasar Bunga Rawa Belong di Jakarta Barat penuh dengan ember besar berisi bunga sedap malam. Baunya yang khas dan mekar di malam hari ini masih menjadi ratu di antara bunga lain di pasar khusus bunga ini.

Dengan dijual seharga Rp 20 ribu per ikatnya, pembeli mendapat 10 tangkai bunga. Anda bisa mencampurnya dengan bunga lain atau membiarkan buket sedap malam menghiasi sudut rumah atau tempat kerja.

Jaya, salah satu penjual bunga, memberikan tips untuk merawat bunga yang berasal dari Meksiko ini. "Nanti bisa tahan sampai seminggu," katanya kepada Republika.co.id.

Bunga yang laku keras pada saat perayaan hari raya ini lebih baik dibeli ketika masih dalam keaadaan kuncup. Sedap malam biasanya akan mekar di malam hari. Jaya menerangkan, ketika mekar sedap malam akan membuka kelopaknya dari bagian bawah tangkai hingga atas.

Agar bunga tetap mekar, tiap tiga hari air vas disarankannya diganti. Tips lainnya potong tangkai sedikit agar sirkulasi udara dalam bunga tidak tertutup. Selain itu simpan bunga dalam suhu ruangan dan matahari yang cukup agar bunga tidak mudah busuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement