Sabtu 07 Oct 2017 13:03 WIB

Ini Saingan Kuat Pengabdi Setan di FFI 2017

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Film Pengabdi Setan
Foto: dok Rapi Films
Film Pengabdi Setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2017 resmi merilis daftar nominasi yang telah ditentukan tahun ini. Terdapat 22 kategori berbeda yang dibuat untuk gelaran tahun ini.

Hal yang tidak mengejutkan dalam daftar nominasi adalah kesuksesan Pengabdi Setan yang berhasil masuk dalam 13 kategori penghargaan. Film yang disutradarai Joko Anwar ini akan bersaing dengan film Kartini karya Hanung Bramantyo yang sama-sama masuk dalam 13 kategori.
 
Ketua Penjurian FFI 2017, Riri Riza mengatakan sebanyak 75 juri yang terdiri dari asosiasi profesi dan pengamat film akan menentukan peraih piala citra melalui sistem voting yang akan digelar pada 10-24 Oktober mendatang.
 
"Sekali lagi itu adalah pilihan teman-teman asosiasi. Saya rasa kita punya tradisi, film Indonesia itu tradisinya ada buatannya Perfini yang lebih idealis sosial representasi persoalan Indonesia dan ada juga Persari yang membuat film hiburan dan itu bagian tidak bisa dipungkiri adalah bagian dari perfilman kita," ujarnya di Jakarta.
 
"Itulah yang terjadi kurang lebih. Yang pasti bisa dilihat bahwa ini tahun yang menandakan asosiasi profesi semakin punya tanggung jawab dengan melihat ini sebagai kesempatan," ucap Riri.
 
Menurutnya, saat ini film Indonesia telah mencapai puncak pencapaian teknis dan estetika dan profesionalisme sebuah karya film. "Indonesia saya rasa bisa dilihat di film yang masuk nominasi. Mudah-mudahan sekarang dan ke depan yang penting itu bukan cuma pemenangnya tapi masyarakat perfilman melihat film itu dari nominasinya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement