Selasa 26 Sep 2017 11:54 WIB

11 Manfaat Tersembunyi dari Oil Diffusers

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari
Oil diffuser.
Foto: Flickr
Oil diffuser.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan oil diffusers nyatanya memiliki beberapa manfaat tersendiri. Terjangkau, santai dan menyehatkan merupakan fungsi yang sudah pasti didapatkan.

Dispersi aroma yang dihembuskan juga bermanfaat untuk menghilangkan nyamuk dan jamur, pereda stres dan beberapa manfaat lainnya. Berikut 11 manfaat penggunaan oil diffusers yang mungkin belum Anda sadari.

Aroma aman

Molekul pembersih yang dilontarkan sedikit banyak membersihkan udara, berbeda dengan pembakaran lilin atau penyegar udara. Ini membuat oil diffusers memberikan manfaat kesehatan berbeda.

Penghilang stres

Beberapa penelitian laboratorium mengkonfirmasi jika oil diffusers mengurangi stres dan membantu mengurangi kecemasan juga meringankan gejala depresi.

Peningkatan kualitas tidur

Hembusan udara segar yang ditiupkan memiliki sifat relaksasi yang meningkatkan kualitas tidur. Disebut-sebut juga mampu membantu mengatasi insomnia.

Pengontrol nafsu makan

Oil diffuser merangsang indera untuk mengurangi nafsu makan. Penelitian menunjukkan penggunaan minyak peppermint dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan memberi respons kenyang di dalam tubuh.

Pembunuh bakteri dan jamur

Semburan oil diffuser menghancurkan radikal bebas yang memicu pertumbuhan bakteri berbahaya. Udara yang disemprotkan juga efektif dalam memerangi ancaman jamur.

Meredakan hidung tersumbat

Pada prinsipnya, oil diffuser bekerja dengan menyebarkan uap dekongesting di sekitar ruangan. Difusi minyak telah dikenal untuk menyembuhkan pneumonia pada tikus laboratorium.

Anti nyamuk

Penelitian menunjukan oil diffuser bermanfaat sebagai obat nyamuk yang aman dan sangat efektif. Studi menunjukkan udara yang disebarkan dapat mengusir nyamuk pembawa Zika hingga DBD.

Penghilang rasa sakit

Hampir serupa dengan pengolesan minyak kepada anggota tubuh, bedanya peredam sakit ini menggunakan medium udara. Aroma yang dihirup memasuki aliran darah dan membantu menghilangkan sakit semisal pusing, peregangan otot, hingga masalah persendian.

Anti virus

Studi terbaru menunjukan oil diffuser terbukti secara medis 99 persen dapat menghancurkan virus herpes juga virus flu.

Meningkatkan kinerja otak

Tak sedikit minyak esensial memiliki kualitas adaptogenik untuk menghilangkan stres. Hal inilah yang kemudian meningkatkan mood yang tidak seimbang untuk meningkatkan fokus dan fungsi kognitif.

Menabung

Menggunakan oil diffuser akan membantu menghemat pengeluaran. Sebagai anti virus, pengusir serangga hingga penghilang stres dibungkus dalam satu perangkat, dilansir dari laman Lifehack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement