Selasa 26 Sep 2017 09:36 WIB

Kompetisi Ragam Kreasi Oleh-Oleh Kembali Digelar

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Kuliner Indonesia yang kaya rasa membutuhkan banyak bumbu sebagai bahan dasarnya.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kuliner Indonesia yang kaya rasa membutuhkan banyak bumbu sebagai bahan dasarnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Unilever Food Solutions (UFS) kembali menggelar ajang pencarian ragam kreasi oleh-oleh terbaik khas Nusantara, melalui kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh 2017 yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) di Jakarta, Senin (25/9).

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengaku gembira dengan adanya kompetisi dari Unilever. Ia mengatakan subsektor kuliner menjadi salah satu penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar selain fesyen dan kerajinan. Tercatat, industri ekonomi kreatif penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar bagi Indonesia dengan kontribusinya sebesar 41,69 persen.

"Saya sangat mengapresiasi kompetisi ini, ini harus bisa diperbanyak. Saya kira bangsa ini sudah dianugerahi Tuhan dengan sumber bahan pangan yang luar biasa, barang kali sampai kini belum maksimal, masih banyak lagi hal yang harus kita lakukan," ujar Fadjar di Jakarta, Senin (25/9).

Thomas Agus Pamudji, Managing Director Unilever Food Solution PT Unilever Indonesia mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat terhadap Blue Band Master Oleh-Oleh 2016 telah mendorong UFS untuk kembali menggelar kompetisi yang sama tahun ini. Unilever menyadari masih banyak potensi lokal Indonesia yang dapat digali, guna menonjolkan karakteristik masing-masing daerah di Indonesia, dan mendorong kemajuan ekonomi lokal daerah.

"Hal ini selaras dengan salah satu komitmen bisnis kami, Unilever Sustainable Living Plan (USLP), yaitu memberikan penghidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, dalam hal ini para pelaku industri pastry dan bakery, serta mendukung agenda Nawa Cita butir ke tujuh untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik," ujar Thomas.

Pendaftaran Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 dimulai pada 18 September-10 November 2017 melalui website, masteroleholeh, dan seluruh masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dengan memilih tiga kreasi oleh-oleh favorit dari tiap provinsinya sebagai Juara Provinsi melalui website, dan SMS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement