Ahad 17 Sep 2017 13:13 WIB

Ada Festival Dalang Bocah di TMII

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Maman Sudiaman
Ilustrasi dalang bocah diperankan dalang Athanasius Alan.
Foto: ntara/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi dalang bocah diperankan dalang Athanasius Alan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna melestarikan budaya Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar Festival Dalang Bocah Nasional. Perhelatan yang melibatkan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) ini juga memanfaatkan momentum perayaan 1 Muharram 1439 Hijriah pada 21-23 September 2017 mendatang.

"Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional bertujuan untuk merangsang dalang bocah belajar mendalang agar regenerasi dalang tetap terjaga, juga sebagai ajang silaturahmi antardalang bocah se-Indonesia untuk memupuk persaudaraan," jelas Ketua Pepadi, Kondang Sutrisno saat konferensi pers di TMII belum lama ini.

Menurut Kondang, festival ini juga untuk menumbuhkan bibit-bibit generasi penerus dalang di masa depan. Termasuk juga menjadi sarana sosialisasi sejak usia dini kepada anak-anak terhadap wayang. Selain itu juga untuk mendekatkan wayang kepada publik khususnya kawula muda. Juga menghadirkan wayang sebagai seni hiburan yang tak kalah dengan hiburan popular yang lainnya, agar nilai-nilai dalam wayang ikut andil dalam membentuk karakter bangsa sehingga generasi mendatang bisa menjadi manusia seutuhnya.

Festival ini dikuti oleh Dalang Cilik terbaik yang mewakili provinsi masing-masing di Indonesia. Rentang usia peserta yang mengikuti festival antara 8-15 tahun.

Adapaun ragam wayang yang digelar antara lain adalah Wayang Kulit Purwa : gagrak Surakarta, Yogyakarta, Jawa timuran, wayang Banyumasan, wayang kulit Cirebonan, wayang Menak Sasak, wayang golek Purwa, wayang kulit Indramayu, wayang Banjar, dan wayang kulit Betawi.

Festival Dalang Bocah ini merupakan gelaran ke-8 yang dihelat oleh Pepadi. Selain itu, secara paralel juga diadakan acara selamatan dan kirab Agung Suro yang dikemas dalam tajuk acara Suro mulai tanggal 21 September sampai 7 Oktober 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement