Selasa 12 Sep 2017 08:14 WIB

Langkah Tepat Dapatkan Kulit Sehat dan Cerah

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Kulit sehat berciri tampak bercahaya, kenyal, halus, dan bebas flek hitam.
Foto: flickr
Kulit sehat berciri tampak bercahaya, kenyal, halus, dan bebas flek hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutin melakukan perawatan kulit merupakan kunci mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Namun, menurut dermatolog Sari Chairunnisa, rutin saja tidak cukup. Untuk memiliki kulit wajah cerah, perawatan harus dilakukan secara tepat.

"Secara umum, perawatan kulit sangat tergantung pada usia dan tipe kulit," ujar Sari.

Sari menjelaskan terdapat tiga langkah dasar yang tidak boleh terlewat jika ingin memiliki kulit yang sehat. Langkah penting untuk mengawali perawatan kulit adalah pembersihan.

Gunakan pembersih wajah sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Menurut Sari, pembersihan make up biasa dengan make up keperluan khusus tidak sama. Mereka dengan make up yang tebal tentu butuh pembersihan yang lebih ekstra.

Khusus untuk yang menggunakan make up tebal, mulai dengan membersihkan make up yang menempel terlebih dahulu dengan menggunakan makeup remover atau cleanser. Setelah bersih dari noda make up, lanjutkan pembersihan dengan facial wash. Di malam hari, tambahkan langkah pebersihan menggunakan exfoliating lotion agar wajah bersih sempurna dan regenari kulit pada malam hari berlangsung optimal.

Langkah kedua, ber kulit nutrisi dan pelembab agar kulit berada dikondisi ideal. Kondisi ideal kulit yaitu bebas kusam, lembap, kenyal serta lembut. Untuk mengoptimalkan penutrisian kulit, pastikan kulit berada dalam kondisi lembap agar nutrisi dapat terserap dengan baik. Oleskan treatment essence untuk mendapatkan kembali kelembapan kulit yang hilang.

Terakhir, lindungi kulit dari sinar matahari dan polusi yang dapat merusak kulit wajah dengan menggunakan tabir surya yang mengandung SPF dan PA. Agar lebih praktis, gunakan krim pagi yang sudah mengandung tabir surya aktif SPF dan PA sesuai kondisi iklim di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement