Kamis 07 Sep 2017 17:17 WIB

Muhammadiyah Gelar Pawai Ta'aruf Budaya Jawa di Malioboro

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Foto: myindonesia.at.ua
Jalan Malioboro, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta menggelar Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) II. Pawai Ta'aruf Budaya Jawa jadi salah satu rangkaian OBJ II yang akan diadakan 9 September 2017 mendatang.

OC Pawai Ta''aruf Budaya Jawa OBJ II, Edy Prajaka mengatakan, tahun ini memang ada beberapa titik kumpul yang direncanakan. Namun, salah satu jalur utama yang akan dilintasi Pawai Ta''aruf Budaya Jawa dengan peserta mulai dari tingkat SD-SMA Muhammadiyah itu yaitu Malioboro.

"Pawai Ta'aruf akan melewati Malioboro, karena kita berharap kegiatan ini tidak cuma dapat dinikmati masyarakat sekitar dan wisatawan lokal saja, tapi turis-turis asing yang banyak berada di sekitaran Malioboro," kata Edy saat konferensi pers OBJ II di Ruang Sidang PWM DI Yogyakarta, Kamis (7/9).

Ia menuturkan, Pawai Ta'aruf akan diikuti peserta dari seluruh DIY dengan jumlah 74 kontingen dan total 3.456 orang. Peserta Pawai Ta''aruf berjalan berbondong-bondong menuju Malioboro sekitar pukul 12.00 siang. Panitia pun telah menetapkan sejumlah lokasi sebagai titik kumpul.

Empat titik kumpul di antaranya Halaman DPRD DI Yogyakarta, Dinas Pariwisata yang ada di Malioboro, Abu Bakar Ali dan Selatan Gereja Kotabaru. Namun, lanjut Edy, awal masuk peserta memang ada di Stadion Kridosono, dan akan berakhir di Alun Alun Utara. 

"Untuk pembukaan OBJ II sekitar pukul 14.30, akan ada 107 pembawa bendera yang terdiri dari SMA Muhammadiyah 1,2,3 dan 7 Yogyakarta, serta SMK Muhammadiyah 1 dan 3 Yogyakarta," ujar Edy.

Selain itu, ia menambahkan, tentu saja akan ada berbagai atraksi lain di antaranya marching band. Sedangkan, panggung kehormatan yang merupakan lokasi utama akan berada tidak jauh dari Gedung Agung, dengan tujuan agar mempermudah masyarakat yang ingin menontonnya. (Wahyu Suryana)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement