Ahad 03 Sep 2017 01:50 WIB

Festival Makan Serangga di Brooklyn, Penasaran Isinya?

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ratna Puspita
Belalang goreng/Ilustrasi.
Foto: DINHNGOCHUNG/GETTY IMAGES/ISTOCKPHOTO
Belalang goreng/Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Festival kuliner biasanya dipenuhi dengan beragam hidangan menggiurkan yang memanjakan lidah. Sayangnya, hal serupa tak akan ditemukan oleh para pengunjung Brooklyn Bug Festival.

Brooklyn Bug Festival resmi diselenggarakan sejak 1 September lalu dengan mengangkat tema 'celebration of edible insects' atau perayaan serangga yang bisa dimakan. Festival kuliner tak biasa ini digelar dengan tujuan untuk mengeksplorasi aspek gastronomi hingga ekologi dari entomophagy atau praktik memakan serangga.

Salah satu serangga yang menjadi primadona saat ini adalah jangkrik. Meski terlihat menjijikan bagi sebagian orang, jangkrik ternyata bisa diolah menjadi beragam makanan lezat seperti keripik tortilla, protein bar. Kombinasi jangkrik dan ulat tepung (mealworm) bahkan bisa disulap menjadi saus bolognese yang kerap disajikan bersama spaghetti.

Festival ini tak hanya menjajakan beragam kuliner berbahan dasar sserangga tetapi juga menggelar panel diskusi dan presentasi terkait entomophagy. Salah satu tema yang diangkat dalam panel diskusi dan presentasi ini adalah penggunaan serangga sebagai bahan memasak fungsional dan sebagai pengganti daging.

Para pecinta kuliner ekstrim juga berkesempatan untuk mengikuti demo memasak serangga langsung dari ahlinya. Nantinya, pengunjung dapat mencicipi beberapa menu menarik seperti pencuci mulut serangga hingga makanan ringan serangga.

Brooklyn Bug Festival juga menyelenggarakan perjamuan makan 'Bug Banquet' dengan melibatkan beberapa chef ternama. Beberapa di antaranya adalah Joseph Yoon, Chef PV dan David George Gordon yang dikenal luas dengan sebutan 'Bug Chef'.

Seperti dilansir dari New York Daily News, Ahad (3/9), pengunjung anak-anak juga bisa ikut berpartisipasi dalam festival ini secara gratis. Nantinya, pengunjung anak-anak ini bisa mengikuti program khusus anak terkait entomophagy.

Festival tak biasa ini digelar hingga 3 September mendatang. Daya tarik yang tinggi membuat Brooklyn Bug Festival diselenggarakan langsung di empat lokasi yaitu TBD Brooklyn, Kinfolk 94, Brooklyn Kitchen dan Guadalupe Inn.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement