Jumat 01 Sep 2017 11:01 WIB

Kiat Menata Ruang Keluarga di Hunian Sempit

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu ruang pamer dalam gerai IKEA Alam Sutera.
Foto: dok IKEA
Salah satu ruang pamer dalam gerai IKEA Alam Sutera.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Rumah yang sempit bukan halangan untuk menata interior ruangan agar terlihat menarik dan nyaman ditempati. Salah satu bagian rumah yang paling sering disinggahi sekaligus sebagai tempat berkumpul anggota keluarga adalah ruang tengah atau ruang keluarga.

Lalu bagaimana kiat menata ruang keluarga jika ruangan tak terlalu luas? Ardan Hanafi, Deputy Manager and Interior IKEA Indonesia membeberkan sejumlah tips. Menurutnya ruang keluarga adalah ruang yang harus bisa mengakomodasi kebutuhan semua anggota keluarga. Pria yang akrab disapa Dana ini menyarankan pemilihan perabot yang multifungsi untuk ruang keluarga.

"Jangan buat ruang keluarga terkesan kaku hanya dengan keberadaan sofa dan meja saja, kita bisa pilih sofa yang jika ditarik bisa menjadi tempat tidur. Bisa juga gunakan meja yang di bagian bawahnya ada ruang untuk menyimpan barang," jelas Dana saat ditemui dalam peluncuran katalog IKEA 2017, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan furnitur yang ada di ruang keluarga sebaiknya bersifat fleksibel. Artinya fungsinya dapat diubah sesuai kebutuhan. Contohnya, meja di ruang keluarga digunakan menjadi meja tamu atau meja makan.

Jika penggunaan sofa banyak memakan tempat, desain ruang keluarga dengan konsep lesehan juga bisa dipertimbangkan. Di waktu senggang, kumpul-kumpul dengan keluarga dijamin mengasyikkan tatkala duduk lesehan di atas karpet sambil menonton TV. 

Soal pemilihan warna, pria berkacamata ini merekomendasikan warna-warna terang untuk ruangan sempit. "Warna seperti putih atau abu-abu memberikan kesan lega, tapi bukan berarti kita tidak boleh bereksperimen dengan warna gelap," ungkapnya. 

Ruangan yang didominasi warna terang cocok dikombinasikan dengan warna-warna lain atau furnitur yang bercorak. "Pilih warna yang mewakili kepribadian keluarga," imbuh Dana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement