Selasa 29 Aug 2017 08:11 WIB

Alternatif Makanan Manis yang Lebih Menyehatkan

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Buah kurma
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Buah kurma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ahli kesehatan mencatat bagaimana meningkatnya konsumsi produk makanan manis, menyebabkan beberapa penyakit serius, seperti diabetes.  Seperti dilansir dari laman Indian Express, untuk mengurangi efek pemanis, para ahli menyarankan makanan bebas gula yang merupakan alternatif yang lebih sehat.

Para ahli di SaleBhai dan Mehar Rajput, ahli diet dan ahli gizi di Fitpass telah menyarankan beberapa makanan seperti permen bebas gula. Makanan lainnya, misalnya tebu hingga kurma.

Tebu, sementara ini datang dalam beberapa rasa, varian yang paling banyak tersedia. Meskipun demikian, belakangan ini, kreativitas penjual kue manis dan sebuah e-commerce mulai menawarkan alternatif yang lebih sehat yang tidak banyak mengandung gula, dan rasanya sama hebatnya.

Kurma, adalah buah dari pohon kurma, berasal dari negara-negara Timur Tengah. Ini juga merupakan pilihan makanan penutup yang populer untuk orang yang sadar kalori. 

Buah fig atau buah tin dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia karena manfaat yang ditawarkannya, seperti memperbaiki pencernaan dan mengendalikan diabetes. Buah ini juga bisa dinikmati dalam bentuk anjeer barfi, sebuah suguhan selera yang tidak mengandung gula halus. 

Atau, coba mencampur kelapa dengan kurma dan almond. Tambahkan juga secangkir kelapa kering yang dikemas dengan dua gram serat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement