Kamis 24 Aug 2017 06:42 WIB

Kawasan Wisata Italia Dipagari Beton, Mengapa?

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Katedral Duomo, Milan, Italia.
Foto: EPA
Katedral Duomo, Milan, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, Italia membangun pembatas dari beton di sejumlah atraksi wisatanya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi serangan teror yang akhir-akhir ini marak terjadi di Eropa. 

Akhir pekan lalu, pihak otoritas mulai membangun pembatas beton di Milan tepatnya di katedral Duomo. Di dekat katedral juga terdapat lokasi wisata belanja paling ramai di kota itu yaitu Galleria Vittorio Emanuele. 
 
Sebelumnya, belasan orang tewas dan ratusan orang luka-luka di kawasan paling ramai di Barcelona, Las Ramblas, karena serangan teror. Serangan mobil menjadi modus terorisme paling populer di Eropa akhir-akhir ini seperti di London, Prancis dan Berlin. 
 
Selain Milan, pembatas beton juga dibangun di kota-kota lain seperti Bologna dan Turin. Di kota ini, pembatas dibangun di antara area pejalan kaki dengan jalan kendaraan bermotor. Kota Palermo juga sedang merencanakan pembangunan pembatas beton. 
 
Pembatas beton ini dimaksudkan untuk menghindari serangan mobil atau truk besar mengakses situs wisata yang ramai dikunjungi. Peningkatan kemanan sudah gencar dilakukan oleh pemerintah Roma sejak beberapa tahun belakang. 
 
Selain membangun pembatas, sebanyak 60 ribu petugas kemanan juga ditempatkan di sepanjang jalan utama Roma. Upaya yang sama juga dilakukan oleh Prancis. Tahun ini, Prancis berencana akan membangun pembatas antipeluru di sekitar Menara Eiffel yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar 20 juta dolar AS, seperti dilansir dari laman Travel and Leisure. 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement