Rabu 23 Aug 2017 10:53 WIB

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, Puncak HUT RI

Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Selasa (22/8).
Foto: Dok: Kementerian Pariwisata
Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Selasa (22/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kota Bandung, Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus 2017. Sejuta pesona siap ditampilkan untuk memikat wisatawan dari dalam dan luar negeri. 

Mengangkat tema 'Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama', karnaval ini melibatkan lebih dari 1.200 peserta berlatar belakang seniman dari pelbagai komunitas anak muda di Jawa Barat. Serta perwakilan dari pelbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia.

Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Premita Fifi mengatakan karnaval ini akan berbeda karena panitia nasional hanya akan menjadi fasilitator. Konten dan pelaksanaan dari karnaval akan sepenuhnya menjadi kewenangan tuan rumah yang dimotori oleh budayawan dan insan kreatif Bandung.

"Karnaval ini akan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara. Acara ini akan menampilkan ekspresi budaya yang beragam dan tercermin dari kostum peserta, seni tari, musik, dan rupa. Seluruh peserta akan menyalakan semangat kerja bersama yang menjadi tema acara tersebut," kata Premita Selasa (22/8).

Selain itu, acara ini merupakan kelanjutan dari tradisi puncak perayaan bulan Kemerdekaan dengan menyajikan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak tahun 2015. Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan karnaval ini akan menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air, dengan semangat api kerja bersama mengisi kemerdekaan.

"Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya. Pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia," ujar Arief di Balairung Soesilo Sedarman, Gedung Kementerian Pariwisata.

Karnaval Kemerdekaan muncul menjawab ide dari Presiden Joko Widodo yang ingin agar perayaan karnaval berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain. Ini bertujuan agar semangat kemerdekaan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Nantinya Presiden dan Ibu Negara akan berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kereta Pancasila. Kendaraan ini merupakan mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Kereta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong.

Rangkaian kegiatan karnaval ini akan dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3.8 km. Rangkaian karnaval ini akan dimulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda, Jl. Merdeka menuju Taman Vanda. Di taman ini rombongan Presiden dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian karnaval. Selanjutnya perjalanan karnaval akan berlanjut menuju Alun-alun Masjid Raya. Untuk lebih memeriahkan acara, penonton diharapkan mengenakan pakaian daerah atau pakaian nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement