Rabu 23 Aug 2017 13:49 WIB

Taman Nasional AS Bolehkan Pengunjung Bawa Minuman Kemasan

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
 Suasana pemandangan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.
Foto: Reuters/Robert Galbraith
Suasana pemandangan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah taman nasional di Amerika Serikat (AS) mencabut pelarangan minuman dalam kemasan plastik di beberapa kawasan binaannya. Dari total 417 taman nasional, Badan Taman Nasional AS kembali mengizinkan 23 taman nasional untuk berjualan minuman dalam kemasan plastik.

Seperti dilansir dari laman Travel and Leisure, adapun taman-taman nasional yang diizinkan lagi menjual minuman dalam kemasan plastik antara lain Grand Canyon, Zion, Bryce Canyon dan Mount Rushmore.

"Kami tetap mendorong pengunjung untuk membawa botol minuman yang bisa diisi ulang di pos-pos terdekat dan kami telah menentukan cara terbaik agar pengunjung tetap terhidrasi saat berkunjung ke taman nasional," kata Direktur Organisasi Nasional Michael T. Reynolds.

Sampah plastik sulit untuk dimusnahkan dari muka bumi ini, apalagi yang dibuang sembarangan. Oleh karena itu, pada 2011 lalu Badan Taman Nasional AS telah melarang penjualan minuman dalam kemasan plastik.

Langkah ini sebagai usaha untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang mencapai ribuan ton di kawasan tersebut.

Namun, pelarangan ini membuat bingung pengusaha minuman air kemasan yang tergabung dalam Asosiasi Air Minum Botol Internasional (IBWA). Maklum saja, mereka teah meminta pemerintah AS untuk merevisi pelarangan tersebut jika memang terdapat cacat hukum.

Semisal saja, Taman Nasional Zion meniadakan penjualan botol kemasan lebih dari 60.000 botol, yang setara dengan 5.000 pon plastik yang tidak memasuki aliran limbah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement