Ahad 20 Aug 2017 07:16 WIB

Reza Rahadian Getol Ingin Perankan Penyair Chairil Anwar

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Reza Rahadian
Foto: MGROL 68
Reza Rahadian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya dalam film, keinginan Reza Rahadian untuk memerankan tokoh-tokoh besar juga menular di panggung teater. Reza didapuk untuk memerankan tokoh penyair legendaris Chairil Anwar dalam pementasan teater berjudul Perempuan Perempuan Chairil.

Bak gayung bersambut, Reza mengaku memang sangat ingin memerankan sosok penyair yang dijuluki Si Binatang Jalang ini. "Saya minta peran ini jangan sampai dikasih ke orang lain," ujar Reza, Sabtu (19/8).

Sering memerankan karakter tokoh-tokoh besar, Menurut Reza, hal itu merupakan misinya untuk memperkenalkan tokoh bangsa. Demikian halnya dengan sosok penyair Chairil Anwar yang dia anggap sebagai tokoh penting dalam perkembangan sejarah bahasa. Menurut Reza, film atau pementasan teater adalah salah satu cara untuk menginspirasi anak muda.

Secara pribadi, Reza mengaku sangat mengagumi sosok Chairil yang mampu menciptakan berbagai karya indah. Bermain di pementasan ini, Reza merasa mendapat peluang besar untuk mengulik karakter Chairil lebih dalam lagi.

"Saya merasa berjodoh dengan Chairil, semesta mendukung. Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak terlibat," kata Reza menambahkan.

Untuk bisa memerankan karakter Chairil dengan baik, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan oleh Reza mulai dari membaca karya-karya Chairil, berkonsultasi dengan keluarga Chairil hingga melakukan riset melalui buku-buku yang membahas tentang Chairil.

Tidak hanya menambah pengetahuan tentang sosok Chairil, Reza juga mempersiapkan mental dan batinnya untuk dapat menyerap dengan tepat energi dan semangat Chairil. Di samping itu, bagi Reza, berakting di atas panggung memiliki tantangan yang berbeda saat berperan di layar lebar.

Selain Reza, sejumlah nama bintang film ternama seperti Chelsea Island, Marsha Timothy dan Sita Nursanti turut terlibat dalam pementasan teater yang akan digelar pada 12 dan 13 November di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement