Kamis 17 Aug 2017 10:29 WIB

Cara Terbaik Menyimpan Kopi

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi hitam
Foto: pexels
Secangkir kopi hitam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pecinta kopi, aroma dan rasa menjadi hal terpenting yang harus dijaga. Saat kita membeli kopi di supermarket, biasanya sudah ada kemasan plastik yang mewadahinya.

Beberapa orang mungkin sering membeli kopi dalam jumlah banyak untuk persediaan berbulan-bulan. Padahal banyak tidak tahu kopi yang telah berbulan-bulan disimpan (baik bubuk maupun biji) akan mengubah rasa, kesegaran kopi dan yang terburuk akan menyebabkan kopimu basi.

Lantas, tahukah Anda cara menyimpan kopi tersebut dengan benar? Menurut CTI Battle Latte Art Asia, Viki Rahardja, sebaiknya jika membeli kopi, belilah kopi yang masih berbentuk biji. Karena kopi yang masih berbentuk biji ini lebih tahan dari pada kopi yang telah menjadi bubuk atau telah melalui proses sangrai (penggilingan).

Kopi yang telah disangrai tidak boleh di simpan lebih dari 2 minggu. Hal ini akan menghilangkan kesegaran, aroma khas sebuah biji kopi dan tentunya bisa basi.

"Umumnya orang menyimpannya dalam sebuah toples dan menjauhkannya dari sinar matahari.  Simpanlah di tempat yang sejuk jauh dari sinar matahari agar kesegaran dan aromanya tetap terjaga," ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta.

Ia menjelaskan agar biji kopi tetap segar dan aromanya tetap nikmat, perhatikan juga hal penting penyimpanan kopi antara lain jika kemasan kopi yang Anda beli bisa disegel ulang, tidak perlu memindahkan kopi ke dalam tempat lain. Cukup kunci segel kemasan dengan rapat, dan kopi Anda akan bertahan lebih lama.

Namun jika kemasan tidak bisa disegel ulang, pindahkan kopi ke dalam wadah kedap udara. Sebisa mungkin, simpan kopi dalam ruangan gelap dan sejuk. Jika wadah Anda transparan, Anda bisa menutup wadah tersebut dengan kardus atau penutup lainnya.

Kemudian, jangan taruh kopi dalam kulkas, walaupun banyak yang melakukannya, cara ini tidaklah efektif. Malahan, aroma dari makanan dan isi kulkas lainnya bisa meresap dan membuat kopi berbau tidak enak.

Menurutnya, kelembaban adalah musuh utama bahan makanan apa pun, termasuk kopi. Pastikan sendok takar atau tangan Anda kering saat mengambil kopi dari wadah penyimpanan.

"Selalu beli kopi sesuai kebutuhan agar tidak ada stok kopi lama yang menumpuk. Sebagus apa pun wadah penyimpanan Anda, proses staling tidak bisa dihentikan. Cukup sediakan kopi untuk konsumsi 2 mingguan," ucapnya.

Wadah yang bagus memang menjaga kualitas kopi lebih lama. Tapi tak ada gunanya wadah bagus jika kopi yang dibeli tidak segar. Pastikan Anda mengecek tanggal sangrai kopi saat membeli untuk mendapatkan kualitas maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement