Rabu 16 Aug 2017 12:40 WIB

6 Fakta Unik tentang Wahana Roller Coaster

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Bilal Ramadhan
Roller Coaster
Roller Coaster

REPUBLIKA.CO.ID, Roller coaster termasuk wahana permainan favorit di seluruh dunia, sampai-sampai sejumlah negara merayakan Hari Roller Coaster setiap tanggal 16 Agustus. Jangan mengaku penggemarnya jika belum mengetahui sederet fakta unik tentang roller coaster berikut ini, dilansir dari laman Express.

1 Sejarah perayaan

Hari roller coaster dimulai di Amerika Serikat pada 16 Agustus 1898, sejak pemberian hak paten kepada Edwin Prescott untuk roller coaster pertama dengan lingkaran vertikal. Sejumlah taman bermain biasanya memberikan promo khusus untuk perayaan hari unik tersebut.

2 Pembaruan lebih aman

Roller coaster "Loop the Loop" Prescott kali pertama dipasang di Taman Bermain Coney Island pada 1901. Instalasi permainan menggantikan coaster "Flip-Flap Railway" yang ada sejak 1895 tetapi menggunakan kekuatan sangat besar sehingga banyak penumpang pingsan.

3. Coaster Prancis

Prescott yang berasal dari Massachusetts, AS, memang pemegang paten desain roller coaster. Namun, ternyata coaster dengan lingkaran vertikal serupa yang disebut "Centrifugal Railway" juga telah dimiliki Paris, Prancis, pada 1848.

4. Kecepatan menegangkan

Roller coaster Formula Rossa di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, memegang rekor kecepatan 149 mph atau hampir 240 km/jam. Sementara, rekor jumlah inversi alias lingkaran terbalik dipegang oleh roller coaster Smiler di Alton Towers, Inggris, yang punya 14 lekuk lingkaran.

5. Terbanyak di Cina

Cina merupakan negara dengan jumlah roller coaster terbanyak di dunia, yaitu 824 wahana dalam catatan terakhir. Pada peringkat kedua ada Amerika Serikat yang memiliki 659 roller coaster di seluruh penjuru negaranya.

6. Rekor aneh

Ada sejumlah hal aneh yang dilakukan penumpang roller coaster, misalnya 102 orang yang naik wahana tanpa busana di Southend-on-Sea, Inggris, pada 2010. Ada pula rekor dunia memasang rol rambut sambil naik wahana, yang tercatat sebanyak 17 gulungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement