Rabu 16 Aug 2017 05:48 WIB

Koleksi Unik Gitaris Metallica

Rep: reja irfa widodo/ Red: Esthi Maharani
Kirk Hammett
Foto: Chris Pizzello/Invision/AP
Kirk Hammett

REPUBLIKA.CO.ID, MASSACHUSETTS -- Nama Kirk Hammet begitu lekat dengan band heavy metal asal Amerika Serikat, Metallica. Bergabung dengan Metallica sejak 1983, Hammet memainkan peran yang begitu penting untuk perjalanan dari band yang dibentuk oleh James Hetfield tersebut. Sebagai gitaris, Hammet juga menulis beberapa lagu di sejumlah album Metallica, termasuk mengisi bagian riff gitar dari lagu 'Enter Sandman', yang akhirnya menjadi salah satu lagu paling populer dari Metallica.

Namun, gitaris berusia 54 tahun itu ternyata memiliki hobi dan koleksi yang unik. Hammet gemar mengoleksi poster-poster film bergenre horor, monster, dan fiksi ilmiah. Tidak hanya poster film, kegemaran Hammet terhadap film-film horor pun akhirnya berkembang. Hammet akhirnya juga mengoleksi berbagai art work dan properti film-film horor. Hingga saat ini, Hammet sudah mengoleksi ratusan poster-poster film horor, terutama film-film horor klasik.

Hammet pun menempel poster-poster film ini di seluruh bagian dinding di rumahnya. Hammet mengaku telah mengoleksi berbagai poster film horor sejak 1987. Salah satu poster film yang pertama dimilikinya adalah film horor berjudul 'Re-Animator' dan The Evil Dead. Namun, saat membeli poster film horor klasik, Bride of Frankenstein, Hammet mengaku mengoleksi poster film bukan lagi sekedar hobi, tapi sudah menjadi obsesi tersendiri.

''Saat poster itu datang pertama kali di rumah saya, momen itu benar-benar mengagumkan. Saya menyadari, betapa bagusnya karya ini, mulai dari bentuk grafis, hingga bau cat yang masih menempel di poster tersebut. Film itu memang menjadi salah satu film horor favorit saya. Saya menempel poster itu di dinding di rumah saya, dan kemudian saya terus membeli poster-poster film yang lebih tua,'' ujar Hammet seperti dikutip dari Rolling Stone.

Hammet mengaku, semua koleksinya ini membuat dirinya merasa nyaman. Bahkan, gitaris yang pernah membentuk band bernama Exodus itu menyebut kerap mendapatkan inspirasi saat menciptakan lagu dari poster-poster film tersebut. ''Koleksi saya membuat saya nyaman. Saya merasa nyaman berada di tengah-tengah monster dan tokoh film horor. Disitulah keajaiban terjadi selama ini,'' tuturnya.

Dalam memburu koleksi berbagai poster film, Hammet pun tidak ragu untuk mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Poster film termahal yang pernah dibeli Hammet mencapai 700 ribu dolar as, untuk poster film horor berjudul 'Metropolis'. Film itu merupakan produksi pada 1921 dan disutradarai oleh Fritz Lang. Hammet juga tidak ragu untuk menunjukan koleksinya ini kepada masyarakat umum.

Alhasil, Hammet langsung sepakat saat mendapatkan tawaran dari pihak Museum Peabody Essex, Salem, Massachussets, untuk menampilkan koleksi-koleksinya tersebut. Sebanyak 133 barang koleksi Hammet dipamerkan di museum tersebut. Pameran tersebut bertajuk ''It is Alive: Classic Horror and Sci-fi art from the Kirk Hammett Collection,'' dan mulai digelar sejak bulan ini hingga November 2017 mendatang.

Salah satu koleksi Hammet yang ditampilkan dalam pameran ini adalah poster film Dracula yang diproduksi pada 1931, poster film The Mummy produksi 1932, poster film ''Barbarella'' produksi 1968. Rata-rata poster film horor dan fiksi ilmiah koleksi Hammet berasal dari era tahun 30an hingga 70an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement