Rabu 02 Aug 2017 16:15 WIB

Dokter Bagi Tips Memilih Kosmetik Sehari-hari

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Pilih kosmetik yang tepat agar kulit terjaga kesehatannya.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pilih kosmetik yang tepat agar kulit terjaga kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kosmetik menjadi peralatan penting bagi wanita. Untuk menunjang penampilan, kosmetik memiliki peranan yang tidak dapatbegitu saja disampingkan.

Dengan meningkatnya kebutuhan pemakaian kosmetik, tidak jarang ditemukan kosmetik palsu. Bukannya membuat muka dan tubuh bertambah cantik, justru menggunakan kosmetik yang tidak berkualitasnya bisa berbahaya.

"Gunakan produk dengan merek yang terdaftar dan melalui penyalur resmi, ini harus ada nomor dari Badan POM," kata dr AhmadHaykal A.R.B, SpKK, M.Kes.

Meski sudah ada nomor registrasi Badan POM, Haykal menyarankan, agar pengguna kosmetik mengecek ulang nomor registrasi yang tercantum mellaui situs daring Badan POM. Sebab, saat ini banyak produk kosmetik di pasaran yang memiliki nomor registrasi namun ketika dicek nomer tersebut bukan untuk benda tersebut.

Kemudian, gunakan pelembab atau tabir surya sebelum menggunakan kosmetik. Penggunaan proteksi itu tidak hanya pada wajah saja, akan lebih baik bibir dan leher pun mendapatkan perlakuan yang sama dengan bagian muka.

Selanjutnya, Haykal menganjurkan menggunakan kosmetik dasar yang ringan, tidak berlebihan. Jika perlu cari yang memberikan manfaat lebihmemiliki vitamin atau proteksi sinar matahari.

"Gunakan kosmetik secukupnya, sebab kosmetik itu bukan untuk menutupi kulit, tapi menonjolkan kulit wajah yang sehat," kata Haykal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement