Selasa 04 Jul 2017 16:28 WIB

5 Lagu The Beatles yang Mengubah Skema Musik Pop

Rep: SHELBI ASRIANTI/ Red: Indira Rezkisari
Memorabilia dari kelompok musik The Beatles saat dilelang di London.
Foto: EPA
Memorabilia dari kelompok musik The Beatles saat dilelang di London.

REPUBLIKA.CO.ID, Grup musik The Beatles merilis album Sgt Pepper's Lonely Hearts Club Band pada 1967 yang dirilis ulang Juni 2017 silam. Komposer Inggris Howard Goodall mengatakan, lima lagu dalam album tersebut amat berperan dalam memengaruhi dan mengubah skema musik pop hingga kini.

Musisi pemenang berbagai penghargaan musik itu menyampaikan pendapatnya dalam tayangan dokumenter Sgt Pepper's Musical Revolution. Dilansir dari laman RadioTimes, berikut lima lagu yang disoroti Goodall beserta alasan musikalnya.

"Being for the Benefit of Mr Kite!"

Dalam Sgt Pepper, The Beatles tidak hanya bicara mengenai era lain tetapi langsung menghadirkannya dalam ritme, instrumen, harmoni, dan melodi. Pendengar tahu karya itu adalah musik pop tetapi dalam banyak aspek lagu-lagu mereka, termasuk "Being for the Benefit of Mr Kite!", melampaui musik yang ada di era tersebut.

"She's Leaving Home"

Secara lirikal dan musikal, lagu ini dinilai amat berani serta penuh petualangan. Goodall mengatakan, lagu pop yang lazim pada era 60-an rata-rata terdiri dari bass, drum, keyboard, dan gitar, sementara The Beatles memasukkan harpa dan string section yang tidak biasa.

"Lucy in the Sky with Diamonds"

Imaji khas Lewis Carroll, pengarang buku Alice in Wonderland, sangat kental dalam lagu ini. Tidak hanya lagu rakyat psychedelic generasi hippy termuat dalam musiknya, tapi juga suara–suara yang identik dengan dunia anak seperti bagian awal lagu yang terdengar seperti lantunan kotak musik.

"Within You Without You"

Tembang ini disebut Goodall kental dengan sentuhan musik India, mulai dari instrumen musik, melodi, juga liriknya yang memuat mistisisme Hindu. Musik elektronik masa kini mungkin lazim memiliki ritme hiphop ala Punjabi atau beat Bhangra, tetapi pada 1967 hibrida demikian sungguh radikal dan revolusioner.

"A Day in the Life"

Menurut Goodall, lagu ini adalah salah satu mahakarya paling menakjubkan sepanjang abad 20. Baginya julukan itu tidak berlebihan karena The Beatles mampu memadukan lirik kehidupan rutin warga Inggris seperti membaca koran, tabrakan mobil, hingga lubang jalanan dalam transisi musik harmonis serta gebrakan orkestrasi glissando.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement