Senin 26 Jun 2017 06:11 WIB

Mengatasi Masalah Jerawat di Punggung

Rep: CHRYSTIANINGSIH ./ Red: Indira Rezkisari
Kulit bebas jerawat bisa dimiliki dengan menjaga asupan makanan dan kebersihan kulit.
Foto: pixabay
Kulit bebas jerawat bisa dimiliki dengan menjaga asupan makanan dan kebersihan kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jerawat tak hanya muncul di wajah. Acapkali di bagian punggung timbul bintik-bintik jerawat. Kondisi ini tentu saja mengganggu karena badan terlihat menjadi kurang bersih. Lalu bagaimana solusi mengusir jerawat punggung?

Sonya Dakar, pemilik Sonya Dakar Skin Clinic di Beverly Hills berbagi tips menghilangkan jerawat punggung. Dikutip dari laman E! Online, Dakar mengatakan jerawat punggung lebih sering muncul saat hawa sedang panas. “Hawa yang panas dan lembab menyebabkan tubuh memproduksi banyak sebum yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Pada saat itu tubuh mengeluarkan minyak berlebih,” kata Dakar.

Menurutnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk mencegah dan mengatasi jerawat punggung. Pertama, mandi pada malam hari setelah beraktivitas dan gunakan scrub garam Laut Mati atau sabun yang mengandung asam salisilat. Bisa juga gunakan keduanya ketika mandi.

“Bahan-bahan itu penting untuk mengelupas kulit mati yang bisa menyumbat pori, setelah itu jangan lupa bilas dengan sabun pembersih biasa,” lanjut wanita yang kliniknya menjadi langganan Gwyneth Paltrow ini.

Setelah selesai mandi, oleskan minyak esensial yang berfungsi melembabkan dan menghaluskan kulit. Para profesional merekomendasikan minyak daun teh karena bermanfaat sebagai anti bakteri dan membersihkan kulit. Sementara itu minyak lavender disarankan untuk mereka yang ingin menyejukkan kulit akibat terbakar matahari.

Jika jerawat punggung dirasa sudah terlalu banyak dan tidak bisa diatasi sendiri di rumah, lebih baik lakukan body facial di salon atau klinik kecantikan. Setidaknya butuh satu hingga dua kali body facial untuk mengurangi jerawat punggung yang membandel. “Aku mengamati para pasien setelah dua kali kunjungan dan rata-rata jerawat di bagian dada, pundak, dan punggung bisa berkurang sekitar 80 persen,” ungkap Dakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement