Rabu 14 Jun 2017 01:05 WIB

Gemerlap Ramadhan Jadi Tema Festival of Light

Rep: RIZMA RIANDI/ Red: Esthi Maharani
Taman Lampion di Kaliurang, Yogyakarta
Foto: Antara
Taman Lampion di Kaliurang, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN – Menyambut libur kenaikan kelas dan lebaran 2017, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman bersama pengelola Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali PT Cikal Bintang Bangsa kembali menggelar Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang. Kali ini festival tersebut mengambil tema Gemerlap Ramadhan dan akan berlangsung selama 30 hari, sejak 16 Juni sampai 16 Juli mendatang.

Kepala Dispar Sleman Sudarningsih menuturkan, tema ini dipilih untuk menggambarkan kegembiraan dalam menjalani aktivitas di Bulan Ramadhan dan menyambut libur lebaran.

“Selain menampilkan berbagai macam lampion seperti bunga mawar dan tulip, dunia ikan, tanaman gandum, kali ini kami menampilkan lampion dengan tema Timur Tengah,” kata perempuan yang akrab disapa Ning itu, Selasa (13/6).

Gelaran Festival of Lights kali ini juga menampilkan pameran kuliner dari berbagai jajanan tradisional dan modern yang dijual dalam kisaran belasan ribu. Adapula pertunjukkan Dancing Fountain yang hadir pertama kali di Yogyakarta. Pertunjukkan Dancing Fountain sendiri meliputi atraksi air menari yang gerak pancarnya disesuaikan dengan lagu, semburan api, laser, serta water screen. Ning berharap Festival of Lights dapat menjadi destinasi tematik alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Direktur Eksekutif Festival of Light, Solikin Swiji menyampaikan, tiket masuk ke Festival of Light kali ini pun terjangkau. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 25 ribu pada hari biasa atau Rp 30 ribu pada hari libur, pengunjung dapat menikmati atraksi yang sama seperti di Singapura. Ia berharap Festival of Light kali ini mampu mendorong peningkatan jumlah wisatawan ke Kawasan Kaliurang.

“Data menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli atau Festival of Lights berlangsung sejak tahun 2015 mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” kata Solikin.

Menurutnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli 2014 mencapai 55.367 orang. Sedangkan pada Juli 2015 sebanyak 85.730 wisatawan dan Juli 2016 sebanyak 96.368 orang.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement