Senin 12 Jun 2017 19:02 WIB

Festival Lampion Meriahkan Wisata Malam Yogyakarta

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani
Taman Lampion di Kaliurang, Yogyakarta
Foto: Antara
Taman Lampion di Kaliurang, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Usai tarawih dan tadarus sejenak, masyarakat Jogja tak perlu bingung untuk mencari tempat wisata untuk sekedar melepas penat sejenak. Apalagi, tak lama lagi, sebagian masyarakat akan menyambut kehadiran libur kenaikan kelas dan libur lebaran.

Untuk itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama PT Cikal Bintang Bangsa (pengelola Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali) kembali akan menggelar Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, gelaran Festival of Lights yang mengambil tema “Gemerlap Ramadhan” ini akan berlangsung selama 30 hari. Yakni sejak 16 Juni 2017 sampai dengan 16 Juli 2017 mendatang.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan kegembiraan dalam melaksanakan puasa Ramadhan dan menyambut libur lebaran," kata dia dalam keterangan pers kepada Republika, Senin (12/6).

Ia juga mengatakan, ini dapat menjadi alternatif wisata malam di Kaliurang selama liburan menyambut libur kenaikan kelas dan libur lebaran 2017. Selain menampilkan berbagai macam lampion seperti lampion bunga seperti mawar dan tulip, dunia ikan, tanaman gandum, dengan tema Timur Tengah, gelaran Festival of Lights kali ini juga menampilkan kuliner berbagai jajanan tradisional dan modern yang dijual dalam kisaran Rp 15 ribu.

Selain itu, pengunjung juga disuguhkan hiburan Dancing Fountain yang hadir pertama kali di Yogyakarta. Atraksi Dancing Fountain ini meliputi atraksi air menari yang gerak pancarnya disesuaikan dengan lagu, dengan semburan api, laser serta water screen.

Direktur Eksekutif Festival of Light, Solikin Swiji menyampaikan bahwa cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 25 ribu pada hari biasa atau Rp 30 ribu pada hari libur nasional dan weekend, pengunjung dapat menikmati atraksi yang sama seperti di Singapura.

Data menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli, selama Festival of Lights berlangsung sejak tahun 2015 menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Berturut-turut jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli untuk periode 2014-2016 adalah 55.367 kunjungan, 85.730 kunjungan dan 96.368 kunjungan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berharap selain dapat meningkatkan kunjungan ke Kabupaten Sleman, gelaran Festival of Lights ini dapat menjadi destinasi tematik alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement