Sabtu 10 Jun 2017 09:09 WIB

Mencicipi Pedasnya Pentol Mercon

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pentol mercon.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Pentol mercon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentol, makanan ringan yang biasanya dijadikan camilan oleh anak-anak ternyata bisa juga dimakan oleh orang dewasa. Biasanya pentol dipadankan dengan bumbu kacang, namun kali ini lain daripada yang lain.

Pentol berbalut bumbu sambal yang super pedas. Namanya pentol mercon. Hmm, dari namanya saja sudah menarik ya. Bagaimana dengan rasanya apakah seperti mercon yang menggemparkan.

Begitu mendengar nama pentol mercon dan melihat penampilan pentol tersebut, Anda yang suka pedas pasti langsung tertarik untuk mencicipinya. Ya, pentol berukuran cukup besar ini dimakan bersama sambal cabai rawit yang rasanya pedas. Begitu mencicipi satu buah pentol, rasanya langsung melek mata. Bukan hanya panas di mulut, pedasnya sampai ke otak.

Makan satu pentol rasanya sudah sepedas itu, masihkah sanggup menghabis enam pentol yang tersisa lengkap dengan sambal rawitnya? Bagi Anda yang sangat menyukai pedas mungkin kurang makan pentol isi tujuh buah itu. Mungkin ingin tambah lagi, karena pedasnya memang juara.

Satu porsi pentol berisi tujuh buah. Pentol sendiri terbuat dari daging sapi yang digiling bersama tepung juga uratnya. Kemudian dibuat adonannya, dibentuk lalu direbus sampai mengembang. “Begitu hendak disajikan, barulah diaduk bersama sambal mercon itu,” ujar Wanto penjual pentol mercon.

Ada lagi pentol berisi telur. Untuk pentol dijual dengan harga yang sama dengan pentol mercon sebelumnya yaitu Rp 25 ribu, hanya saja isinya berbeda. Untuk pentol telur yang berukuran agak besar hanya berdampingan dengan empat pentol kecil.

Pentol mercon ini bisa didapatkan di Mal Artha Gading yang saat ini sedang menyelenggarakan festival kuliner Ramadhan. Namun untuk hari-hari biasa Anda bisa mendapatkannya di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Menu ini enaknya dijadikan camilan sama seperti bakso ataupun siomay. Bagi Anda yang tidak begitu suka pedas, ada pilihan lainnya, yaitu pentol manis. Pentol ini banyak digemari oleh anak muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement