Rabu 07 Jun 2017 15:49 WIB

Ini Barang Wajib Dibawa Saat Travelling dengan Anak

Anak duduk di car seat saat dalam mobil.
Foto: makobiscribe
Anak duduk di car seat saat dalam mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, Lebaran sebentar lagi, sebagian besar orang melakukan mudik ke kampung halaman.  Salah satunya dengan kendaraan roda empat. Bagi Anda yang membawa bayi ataupun balita, ada beberapa barang yang wajib dibawa saat mudik ataupun travelling bersama anak.

Mothercare Baby Expert, Dewi Nopiyanti menjelaskan untuk barang bawaan yang wajib dibawa saat travelling dengan mobil bersama anak berbeda antara anak yang berusia dibawah enam bulan dengan usia diatasnya. Untuk anak yang berusia enam bulan kebawah, menurutnya yang wajib dibawa adalah pushchair atau stroller (kereta bayi) dan infant carrier. Pilih kereta bayi yang khusus untuk travelling atau kereta bayi yang bisa dilipat, sehingga mudah dibawa, tidak makan tempat dan mudah dipakainya.

Barang wajib lainnya adalah changing bag atau diaper bag, tas yang berisi berbagai perlengakapan untuk keperluan darurat. Isinya bisa pakaian ganti untuk dua hari, popok anak, serta perlengkapan lainnya.

“Tas ini berisi produk untuk diperjalanan. Kebutuhan yang urgent, sedangkan kebutuhan lainnya yang diperlukan ketika sudah sampai dilokasi, itu sudah tertata rapi didalam koper. Karena kita tidak boleh meninggalkan anak sedetik pun,” ujarnya dalam media gathering yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (5/6).

Keperluan lainnya adalah selimut. Perempuan yang akrab disapa Dewin menyarankan agar Anda tidak membawa selimut yang terlalu besar saat travelling. Untuk segi bahan, lanjut, perkirakan cuaca saat travelling. Jika cuaca panas bawa selimut tipis. Kalau cuaca dingin bawa selimut yang lebih tebal. Ia juga menyarankan agar membawa beberapa selimut sebagai pilihan.

“Jangan mengukur tingkat kedinginan anak dengan kedinginan orang tua. Lihat dulu suhu didalam dan diluar ruangan tentukan suhu. Dari suhu ruangan, tentukan seberapa tebal selimut yang dipakai karena suhu badan baby berbeda dengan dewasa,” tambahnya.

Barang wajib lainnya adalah mainan, Sebisa mungkin jangan satu atau dua mainan. Minimal 5 sampai 6 mainan untuk menghilangkan rasa bosan anak. Kalau anak sudah bosan, boleh digendong.

Selain itu, Anda juga wajib membawa child view mirror. Kaca ini baik digunakan jika bayi hanya pergi bersama ayah atau ibunya saja. Kaca ini berfungsi untuk mengontrol keadaan anak saat dia berada dalam car seat. Sementara ayah atau ibunya duduk didepan sambil menyetir.

Barang lainnya adalah sun canopy/blinds, ini berfungsi untuk melindungi mata bayi dari sinar matahari. Karena mata bayi masih sensitive. Dewin menambahkan barang wajib lainnya adalah travel cot bassinet atau tempat tidur bayi khusus untuk travelling. Jangan lupa menempelkan tanda baby on board dikaca belakang mobil. Ini menandakan bahwa didalam mobil ada bayi. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah baby carrier atau gendongan.

Sementara rekomendasi produk untuk anak di atas enam bulan adalah sama, yang berbeda hanya mengganti pushchair dan infant carrier dengan kombinasi car seat dan compact/umbrella stroller.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement