Selasa 06 Jun 2017 11:28 WIB

Berapa Lama Waktu Maksimal Bayi di Car Seat?

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Anak duduk di car seat saat dalam mobil.
Foto: makobiscribe
Anak duduk di car seat saat dalam mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat berpergian bersama anak, orang tua disarankan membawa car seat. Ini penting demi keselamatan anak Anda. Sayangnya di Indonesia masih minim kesadaran orang menggunakan car seat, padahal di negara lain penggunaan car seat ini sudah diwajibkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mothercare Baby Expert Dewi Nopiyanti atau akrab disapa Dewin. Ia mengatakan meski penting, penggunaan car seat tidak boleh sembarangan, ada aturan cara pemasangan dan pemakaian yang benar.

Salah satunya mengenai lama waktu atau durasi anak boleh duduk didalam car seat. Menurut Dewin, waktu maksimal untuk anak duduk di car seat hanya dua jam.

Mengapa?

Ini untuk mengantisipasi rasa stress dan trauma pada bayi dan mengurangi risiko terganggunya pertumbuhan bayi.

“Setelah dua jam, mama bisa gendong sambil katakan kalau dede capek, sini mama gendong, nanti dede duduk sini lagi ya,” jelasnya dalam media gathering yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (5/6).

Menurutnya, kalau dibiasakan pakai car seat sejak lahir sampai besar, anak tidak akan menangis. Anak sudah tahu benda kesayangan dan kesukaan sejak usia dibawah enam bulan. Karena itu sebaiknya perkenalkan mengenai car seat sejak dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement