Selasa 06 Jun 2017 09:29 WIB

Saat Mudik, Perhatikan Asupan Gizi Anak

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
 Pemudik motor membawa anak mereka yang masih kecil saat melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat, Selasa (14/7).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pemudik motor membawa anak mereka yang masih kecil saat melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat, Selasa (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang mudik atau pulang kampung, banyak yang perlu disiapkan. Supaya mudik menjadi pengalaman yang menyenangkan, persiapannya bisa dilakukan mulai sekarang.

Salah satu yang paling penting adalah kondisi fisik harus fit. Terlebih, apabila menempuh perjalanan jauh yang menghabiskan waktu lama terutama bagi ibu hamil, menyusui dan balita.

Dokter Dian Permatasari MGizi SpGK mengatakan para ibu harus memastikan kesehatannya sendiri dan juga si kecil. Kurangnya asupan nutrisi selama perjalanan jauh dapat menyebabkan beberapa perubahan di dalam tubuh. Sehingga terkadang menimbulkan kondisi yang tidak nyaman seperti lemas dan pusing yang akan membuat si kecil rewel.

"Pastikan asupan gizi untuk ibu bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga cukup minum untuk mencegah dehidrasi," kata Dian di Jakarta.

Selain itu, kata Dian, perlu juga diingat bahwa saat mudik akan ada perubahan jadwal makan serta terbatasnya jenis makanan yang dapat dikonsumsi si kecil selama perjalanan. Selain menyiapkan bekal makanan sesuai kebutuhan, ibu juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan dan minuman yang disediakan di sejumlah tempat peristirahatan, selama itu sehat dan mendukung pemenuhan nutrisi ibu maupun si kecil.

"Makanan yang harus dibawa saat mudik harus air putih, sayur, buah, bisa juga sushi, jus buah dan susu. Hindari makanan junk food dan minuman manis. Pilihlah makanan yang sehat karena agar kebutuhan kalori, suplementasi dan hidrasi terpenuhi lalu istirahat yang cukup dan bawa obat seperlunya," ungkapnya.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, lanjut Dian, usahakan berhenti dan beristirahat. Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman, seperti di rest area. Istirahat sejenak dapat memulihkan tenaga untuk meneruskan perjalanan.

"Perjalanan mudik harus dalam keadaan sehat dengan persiapan sebaik mungkin," ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement