Ahad 04 Jun 2017 18:55 WIB

Ini Penyesalan Terdalam Pangeran William dan Harry

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Wawancara Putri Diana menjadi film dokumenter yang paling banyak ditonton di Inggris
Foto: Telegraph
Wawancara Putri Diana menjadi film dokumenter yang paling banyak ditonton di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir 20 tahun berlalu sejak Putri Diana menutup usia dalam sebuah kecelakaan tragis. Waktu yang lama ternyata belum mampu menghapus kesedihan dua anak Putri Diana, Pangeran William dan Harry. Setelah sekian lama, Pangeran William dan Harry akhirnya bersedia untuk membicarakan kematian mendiang ibu secara terbuka. Salah satu alasannya ialah keduanya merasa belum berbuat banyak untuk Putri Diana setelah kematiannya.

"Rasanya seperti kami membiarkannya terpuruk ketika kami masih kecil. Kami tidak mampu melindunginya," ujar William dalam film dokumenter BBC terbaru berjulud Diana seperti dilansir Time.

Oleh karena itu, Pangeran William dan Harry kini mau membuka diri demi mengembalikan dan menjaga nama baik Putri Diana. Kedua kakak beradik ini ingin agar masyarakat lebih mengingat kembali sosok dan karakter Putri Diana yang bersahaja.

Pangeran William dan Harry mengaku pembicaraan mengenai Putri Diana bukan hal yang mudah dilakukan keduanya. Akan tetapi keduanya menilai momen peringatan 20 tahun kematian Putri Diana merupakan waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali sosok Putri Diana yang dulu dicintai masyarakat.

"(Waktu yang tepat) Untuk mengingatkan orang-orang tentang perubahan yang beliau buat, bukan hanya pada keluarga kerajaan tetapi perubahan pada dunia," tutur Harry.

Film dokumenter berdurasi 90 menit ini tidak hanya melibatkan kedua pangeran. Dalam film dokumenter ini, teman-teman Diana, politikus hingga jurnalis turut menyumbangkan pandangan mereka mengenai masa-masa kematian hingga pemakaman Putri Diana.

Kala itu, Pangeran Harry mengaku merasa terkejut atas besarnya luapan emosi dan dukungan yang mengiringi kepergian Putri Diana. Di sisi lain, Pangeran Harry juga merasa takjub dengan banyaknya orang yang mencintai Putri Diana.

"Sekarang, saat mengenang masa itu, sangat menakjubkan bahwa ibu kami memiliki efek yang besar terhadap banyak orang," jelas Harry.

Dalam kesempatan berbeda, Pangeran William juga sempat mengungkapkan bahwa masih ada kesedihan yang tersisa. Meski saat ini Pangeran William terlihat lebih baik, ia merasa sedih karena istri anak-anaknya tidak sempat melihat dan mengenal Putri Diana secara langsung..

"Saya sangat ingin mendapatkan nasihat darinya. Saya ingin ia bertemu dengan Catherine dan melihat anak-anak tumbuh dewasa," kata William.

Peringatan 20 tahun kematian Putri Diana jatuh pada 31 Agustus mendatang. Dikabarkan, kedua pangeran akan memberi penghargaan terhadap ibunya deng membuat sebuah patung yang akan ditempatkan di rumah lama Putri Diana, yaitu Ista Kensington di London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement