Jumat 02 Jun 2017 05:16 WIB

10 Cara Agar Foto Makanan Anda Terlihat Menarik di Instagram

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Israr Itah
Menu Nasi Sayo bisa dipilih untuk menemani hidangan utama. Menu ini disertai nasi yang dimasak dari Beras Solok serta sayur dan sambal serta kerupuk merah muda khas Padang.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menu Nasi Sayo bisa dipilih untuk menemani hidangan utama. Menu ini disertai nasi yang dimasak dari Beras Solok serta sayur dan sambal serta kerupuk merah muda khas Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda yang suka membuka media sosial Instagram pastinya sering mendapati berbagai foto menarik dari berbagai tema, termasuk makanan. Di Instagram chef atau para influencer, foto makanan terlihat indah dan menggugah selera.

Banyak di antara penyuka makanan sekaligus pengguna Instagram rela meluangkan waktunya untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Ini agar banyak orang mengagumi hasil foto tersebut dan tergugah seleranya oleh foto makanan yang diunggah.

Berikut merupakan sepuluh tip dasar dari laman Standard untuk menjadikan gambar makanan yang Anda unggah menjadi lebih menarik:

1. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan adalah segalanya. Kalau Anda memotret makanan di ruangan yang gelap akan menyebabkan hasil yang jelek. Momen terbaiknya adalah diambil pada siang hari. Jadi bawa meja ke luar atau tetap memotret makanan Anda di rumah.

2. Alat peraga yang indah

Menambahkan serbet linen atau sendok perak dalam karya foto Anda membantu gambar terlihat lebih rileks. Bahkan, banyak juga yang hanya menggunakan potongan vinil tercetak atau bahkan kertas kado.

3. Angka ganjil lebih baik

Apapun yang Anda potret, Anda akan melihat efek magis yang dimiliki oleh angka ganjil pada keseluruhan daya tarik estetika. Bahkan angka pun segera menciptakan simetri. Ini berlaku untuk jumlah piring dan makanan.

4. Setel tempat kejadian

Atur adegan dengan alat peraga terlebih dulu sebelum Anda menyajikan makanan.

5. Hiasi

 Pilihlah hal-hal yang bertekstur dan cerah sehingga membantu mewujudkan keindahan alam makanan.

6. Arahkan di atas 

Kecuali Anda seorang profesional, Anda bisa sangat sulit untuk memperbaiki sisi makanan Anda. Untuk menghindari masalah dengan perspektif, keterbukaan berlebihan atau latar belakang yang tidak sedap dipandang, tetap mengambil secara langsung dari atas. Ini akan memberi keseragaman pada semua gambar Anda

7. Posisi

Saat memotret, pastikan titik fokusnya. Hal ini membuat foto Anda terlihat lebih profesional.

8. Potong

Ini lebih menarik untuk memotong sebagian makanan atau alat peraga Anda dari gambar, daripada menempatkannya di tengah. Pemotongan memberi kesan bahwa ada sisi yang ditonjolkan dari makanan tersebut. 

9. Pilih gaya Anda sendiri

Jika Anda membuka Instagram milik influencer, Anda akan melihat bahwa semua gambar tampak sama. Ini karena kebanyakan dari mereka akan menggunakan aplikasi editing untuk memberi setiap foto tampilan keseluruhan yang sama. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda bermain-main dengan foto Anda sebelum mengunggahnya. 

10. Gunakan tagar yang tidak biasa

Saat Anda akhirnya siap mengeposkan foto Anda, gunakan campuran tagar yang populer dan tidak biasa. Yang tidak biasa akan membantu mendorong posting Anda ke sepuluh besar untuk tagar tersebut, sehingga lebih mudah ditemukan dan pada akhirnya disukai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement