Jumat 02 Aug 2019 13:42 WIB

Tip Hasilkan Foto OOTD Instagramable Ala Titan Tyra

Tak perlu kamera canggih dan banyak aplikasi untuk hasilkan foto OOTD Instagramable.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
OOTD - Pilih busana dengan padu padan yang pas untuk menghasilkan foto OOTD yang Instagramable.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
OOTD - Pilih busana dengan padu padan yang pas untuk menghasilkan foto OOTD yang Instagramable.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform media sosial Instagram saat ini banyak diminati, terutama untuk memamerkan foto outfit of the day (OOTD). Dengan menjamurnya selebgram yang selalu punya cara kreatif dalam menampilkan foto OOTD-nya di Instagram, inspirasi berpakaian warganet juga semakin banyak.

Demi mendapatkan hasil yang sama seperti selebgram, banyak orang rela mengeluarkan uang untuk membeli kamera profesional, bahkan mengunduh banyak aplikasi edit foto. Hanya saja, terkadang hasilnya tidak cukup Instagramable.

Untuk mendapatkan foto OOTD yang Instagramable kuncinya bukan itu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar foto OOTD Instagramable, menurut influencer Titan Tyra. Berikut tipsnya:

1. Komposisi

Perhatikan objek-objek yang akan masuk di foto. Misalnya bunga di background, gedung, atau lantainya yang unik. Ingatlah, semua orang bisa foto yang bagus, tapi tidak semua orang bisa cari komposisi yang unik. Konten seperti ini yang akan “menang” di Instagram.

2. Latar belakang

Pemilihan background atau latar belakang tentu ditentukan oleh cerita yang hendak disampaikan melalui sebuah foto. Latar belakang putih polos juga bisa menjadi foto yang bagus apabila makeup sedang penuh warna atau baju yang dikenakan banyak detailnya. Jadi kembali lagi ke konsep foto, cerita di balik fotonya, termasuk caption alias keterangan foto untuk menunjang kisah yang diabadikan.

3. Pencahayaan

Cahaya matahari sebenarnya sudah lebih dari cukup. Ambillah foto pada golden hours yang bisa memberikan efek warna yang hangat untuk foto OOTD.

4. Perlengkapan foto

Tidak perlu terlalu ribet, ponsel pintar sebetulnya sudah cukup untuk mengambil foto yang Instagramable.

5. Angle dan pose

Best angle atau sudut foto terbaik untuk perempuan yang mungil adalah low angle dengan posisi kamera 45 derajat agar kaki objek foto terlihat lebih jenjang dari torso. Untuk pose yang proporsional disarankan jangan menyembunyikan bagian leher. Pastikan pose tidak membungkuk agar badan terlihat tinggi dan lebih ramping.

6. Aplikasi

Aplikasi Lightroom untuk ponsel dan Photoshop untuk laptop bisa menjadi pilihan karena memudahkan pengguna untuk mengganti-ganti warna. Jika ada warna hijau, bisa diganti dengan teal atau warna turquoise. Lalu, setting-an ini bisa disimpan untuk dipakai edit foto selanjutnya.

7. Padu padan

Perlu penyesuaian outfit dengan tempat foto. Misalnya, jika pergi ke negara empat musim, coba sesuaikan pakaian dengan teknik layering baju. Selain itu, juga bisa memainkan warna busana. Tidak hanya warna warni, tapi juga mencoba shade maroon, coklat, agar dapat nuansa musim gugur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement