Senin 29 May 2017 13:44 WIB

Kepanasan Saat Tidur? Ini Cara Mendinginkan Diri tanpa AC

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Tidur
Foto: pixabay
Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, Saat musim panas tiba, temperatur yang tidak bersahabat kerap membuat seseorang susah tidur. Untuk mengatasinya, pakar tidur Guy Meadows memberikan tips agar nyaman terlelap tanpa pendingin ruangan, dilansir dari laman Mirror.

Berbaring tenang

Bergerak gelisah karena kegerahan hanya akan menghasilkan lebih banyak rasa panas. Jaga agar kepala tetap dingin dengan berbaring tenang, terima suhu yang ada agar tubuh dan pikiran lebih mudah tertidur.

Memilih bahan seprai

Simpan seprai berbahan satin, sutra, dan kain polyester untuk hari yang lebih dingin. Lebih baik memilih seprai berbahan katun yang ringan dan memungkinkan aliran udara, selain dianjurkan untuk tetap memakai piyama.

Buka jendela

Tidur berkualitas terbukti paling memungkinkan dalam kamar bertemperatur rata-rata 17 derajat Celsius. Tanpa pendingin ruangan, cara menyiasatinya adalah dengan membuka jendela kamar atau menyalakan kipas angin.

Jeda makan dan tidur

Malam yang hangat cenderung menyebabkan jadwal makan minum yang dekat dengan waktu tidur sehingga memicu susah memejamkan mata. Untuk mencegah hal tersebut, beri jeda sekitar dua jam antara keduanya.

Cukup minum

Sediakan segelas air jernih di sisi tempat tidur agar bisa segera diminum saat tubuh kepanasan dan kehausan. Tapi jangan terlalu banyak minum sebelum pergi tidur karena bisa memicu rasa ingin ke belakang pada tengah malam.

Mandi air dingin

Mandi air dingin sebelum tidur adalah cara mudah dan cepat untuk mendinginkan diri. Tetapi hindari suhu air yang terlalu dingin karena justru akan memberikan stimulasi berlebih dan membuat Anda terlalu lama terjaga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement