Jumat 26 May 2017 17:49 WIB

Kaum Jakarta Hadirkan Makanan dari Aceh Hingga Ambon

Gohu Maluku
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Gohu Maluku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran yang menawarkan menu makanan khas Indonesia Kaum baru saja dibuka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Cabang ketiga dari restoran Kaum itu menyajikan menu yang merentang dari Aceh hingga hingga Maluku.

Brand Director Kaum, Lisa Virgiano, mengatakan dari tiga restoran Kaum yakni di Hong Kong, Bali, dan Jakarta, cabang Jakarta memiliki menu yang tidak tersedia di cabang lainnya. "Kami di sini memperbanyak menu kambing, satai, juga ada bebek betutu yang justru di Bali tidak ada," katanya.

Bebek betutu khas Kaum sengaja baru diadakan di cabang Jakarta. Alasannya, kata Lisa, karena Bali ada rumah dari bebek betutu sehingga konsumen di Bali dianggap bisa menikmati beragam bebek betutu asli.

Di Bali ada tiga metode memasak bebek betutu. Yang pertama khas Gilimanuk yakni berkuah. Kedua adalah khas Gianyar yang dimasak secara asap. Dan, terakhir bebek betutu Klungkung yang basah karena dikukus. Bebek betutu Kaum Jakarta diracik dengan cara dikukus dulu lalu dipanggang.

Lisa menjelaskan bumbunya autentik Bali yakni dengan base genep dan tambahan daun singkong. "Serta dimakan dengan sambal matah," terangnya.

Burung puyuh malon masak rica-rica.

Satu lagi menu yang unik dan tergolong sulit dicari yakni mi gomak khas Sumatra Utara. Lisa mengatakan Kaum meracik mi gomak dengan mi lidi yang memang khas sana dan tambahan bumbu andaliman untuk memberi rasa pedas.

Menu lain yang unik adalah gohu Maluku. Lisa mengatakan gohu adalah sashimi khas Maluku karena ikan tunanya mentah lalu diberi tambahan kenari, serai, juga jeruk bali untuk memberi kesegaran.

Kaum Jakarta yang baru buka sejak Senin lalu dikatakan Lisa baru memiliki tiga puluhan menu. "Keinginan kami untuk menambah menu ada, misalnya ingin menghadirkan pliu Aceh juga sambal tempoyak," katanya.

Menu yang ditawarkan Kaum dibanderol dari harga Rp 20 ribu hingga Rp 420 ribu. Kaum Jakarta yang dibawahi grup Potato Head ini terletak di Jalan Dr Kusuma Atmaja No.77-79, Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini Kaum baru buka untuk jam makan malam, yakni sejak pukul 18.00 hingga 24.00 di hari kerja dan hingga pukul 02.00 di akhir pekan.

Satai wagyu maranggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement