Selasa 23 May 2017 14:59 WIB

Bon Gout Sajikan Kue Kering Sambil Promosikan Indonesia

Nastar (ilustrasi)
Foto: Yasin Habibi/Republika
Nastar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses melakukan co-branding produk makanan dari Garuda Food dan kerupuk udang Papatonk, kini giliran produk kue kering yang akan memasang merek Wonderful Indonesia untuk promosi bersama. Selama ini produk Bon Gout telah melanglang buana ke berbagai wilayah nusantara dan luar negeri, sehingga dirasa pas untuk mempromosikan Indonesia.

Bon Gout yang produksiya berpusat di Surabaya, ini sudah melalang buana ke berbagai wilayah nusantara dan luar negeri. Oleh karenanya mereka akan melakukan co-branding untuk mempromosikan Wonderful Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mencontohkan, Papatonk kerupuk udang yang sukses masuk ke pasar Cina. Kemasan produk Papatonk menyajikan logo Wonderful Indonesia dan gambar beberapa destinasi serta tradisi budaya Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata (Kemenpar) Esthy Reko Astuti mengatakan, Indonesia yang dikenal dengan ragam budaya dan sumber daya alamnya yang melimpah merupakan modal utama dalam mewarnai warisan kue kering dunia. Apalagi selama ini kue kering merupakan teman setia dalam setiap aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia.

"Kue kering mewarnai setiap momen penting dalam hidup kita. Kue kering juga selalu menjadi bahan pembicaraan tentang budaya sebuah kota. Bahkan membicarakan kue kering identik dengan membicarakan kota kelahiran kue kering tersebut," ujar Esthy melalui siaran pers Kemenpar, Selasa (23/5).

Esthy mengungkapkan, co-branding Wonderful Indonesia ke produk makanan ini dinilai cukup efektif. Apalagi produk tersebut mampu menembus pasar internasional. Esthy juga menegaskan pernyataan menteri Arief, produk kerupuk udang Papatonk pada 2017 ini menargetkan lebih dari 20 juta bungkus kerupuk dalam setahun.

Papatonk juga mendapatkan penghargaan Primaduta yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. Papatonk diapresiasi karena menggunakan logo Wonderful Indonesia pada desain kemasannya. 

"Semoga kue kering Bon Gout segera menyusul beredar di berbagai negara sambil memperkenalkan Wonderful Indonesia," kata Esthy.

Juru bicara Bon Gout Indonesia Novianty Carollina mengatakan, Bon Gout memiliki hasrat yang kuat untuk mengangkat kue kering dari kota-kota lama di dunia dengan selera nusantara.

"Kami menghadirkan almond crispy yang merupakan perpaduan antara tuile dari Perancis dengan selera nusantara. Bon Gout almond crispy hadir dengan pilihan rasa orisinal, Belgian dark chocolate dan Japanese green tea. Kami juga mengembangkan nastar yang merupakan kue kering indonesia dan dikenal di Asia, salah satunya Indonesia dengan racikan Nusantara," ujar Novianty.

Selain itu, lanjut Novianty, kue sultana yang terdapat bahan buah kismis awal mulanya berasal dari Spanyol juga dikombinasikan dengan rasa, tekstur, dan aroma Indonesia. Juga brownies yang berasal dari Amerika sangat nikmat dikonsumsi dengan balutan bahan dan selera Nusantara dalam tekstur yang berbeda yaitu crunchy brownies.

Satu lagi persembahan mereka adalah fortune kurma. Fortune kurma merupakan produk yang mengkombinasikan antara kue kering Nusantara dengan rasa kurma dari Arab. Tak ketinggalan produk kue basah juga ditawarkan dengan tekstur, rasa, dan aroma dari salah satu warisan yang dikenal sebagai spekkoek. Produk yang diberi nama almond spikoe ini terinspirasi dari makanan era Hindia Belanda namun dibalut dengan cita rasa selera Nusantara.

Bon Gout selama ini memadukan kreativitas keahlian dan kualitas bahan yang premium dengan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan. Sehingga, menurut Novianty, produk yang dihasilkan dapat menyehatkan dan aman dikonsumsi oleh berbagai usia.

Kacang almond misalnya, mengandung antioksidan untuk anti penuaan, vitamin E, rendah karbohidrat, protein tinggi dan serat untuk mengontrol gula darah. Sultana memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, melindungi mata dan gigi, membantu dalam mengobati anemia, dan membantu dalam pembentukan tulang dan penyerapan kalsium.

"Begitu juga dengan cokelat yang mengandung antioksidan dapat memperbaiki kemampuan tubuh melawan penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, kardiovaskular, dan anti penuaan. Inilah persembahan kami untuk mengenalkan kota Surabaya sebagai kota kuliner Internasional dengan mewarnai warisan kue dunia dengan selera Nusantara," ujar Novianty.

Bon Gout menampilkan kue dalam tampilan dan kemasaan modern sehingga praktis dan nyaman dikonsumsi masyarakat dengan mobilitas tinggi. Produk ini bisa dibawa sebagai bukti otentik bagi wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara yang telah mengunjungi kota Surabaya atau Indonesia.

Produk Bon Gout dapat dinikmati pada beberapa titik pusat kunjungan wisatawan di tiga kota yaitu Surabaya, Malang, dan Bali. Bagi yang ingin menikmati kue kering Bon Gout tapi tidak punya waktu, tanpa perlu repot-repot ke outlet sebab bisa juga dilakukan pemesanan daring melalui situs www.bongoutindonesia.com dengan pengiriman ke seluruh Nusantara.

Bila Anda ingin menikmati lezatnya kue Bon Gout secara lansung, untuk yang di Surabaya bisa datang ke Depot Bu Rudy Jl. Dharmahusada No. 140, Mirota Batik & Handicraft Jl. Sulawesi No. 24, Novita's Collection Mercure Hotel Jl. Raya Darmo 68-78, Chandra Yong Beauty Center The Dharma Indah Regency F-16, Finna Gift Shop Grand City Mal Jl. Walikota Mustajab No. 1, Finna Gift Shop Jl. Raya Darmo No. 23-25. Bisa pula mampir ke pusat oleh-oleh Sudi Mampir Jl. Genteng Besar 72-74.

Sementara untuk di Kota Malang bisa datang ke pusat oleh-oleh Malang Strudel (seluruh cabang) dan di Bali bisa langsung ke Sereh Gourmet Supermarket, Jimbaran," ujar Novianty.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement