Sabtu 20 May 2017 12:12 WIB

Tips Hadapi Masalah Tidur Berdasarkan Ilmu Pengetahuan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur
Foto: pixabay
Tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manusia seharusnya tidur sebanyak tujuh sampai sembilan jam. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mencapai target itu setiap malamn kanrena sejumlah masalah tidur.

Tidur diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Beberapa di antaranya seperti membantu menurunkan berat badan, memperbaiki ingatan, bahkan membuat seseorang lebih bahagia.

Dikutip Sciencealert, Jumat (19/5), menempatkan bantal merupakan cara yang baik untuk menghilangkan segala macam rasa sakit. Jika seseorang terbangun dengan bahu yang sakit, cobalah memeluk bantal saat tidur.

Tidur di atas perut  mungkin bukan posisi terbaik jika seseorang memiliki masalah pada punggungnya. Jika seseorang tidur dalam kondisi telungkup, cobalah posisikan bantal di antara kedua kaki untuk menghilangkan rasa tidak nyaman. Kemudian apabila bantal tidak membuat nyaman leher seseorang, itu berarti sudah saatnya untuk mendapatkan yang baru.

Seseorang yang merasa sulit untuk tidur bisa jadi karena tidak bisa melepas ponsel sebelum tidur. Saat seperti ini, individu terkait sudah seharusnya menghindari kegiatan ini. Cahaya biru ponsel bisa mendatangkan malapetaka pada siklus REM Anda.

Untuk mendapatkan suasana tidur yang baik, hindari mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Usahakan membuat suhu ruangan senyaman mungkin sehingga dapat mendapatkan istirahat terbaik. Untuk seseorang yang sulit bangun, cobalah mengatur alarm untuk waktu yang sama selama tujuh hari.

Masalah mendengkur acap ditemukan banyak pasangan yang membuat individu terkait sulit tidur dengan baik. Jika pasangan mendengkur, cobalah turut andil dalam mencegah masalah ini. Jika Anda pendengkur, mulailah dengan menghindari tidur telentang.

Masalah selanjutnya pada kegiatan tidur, yakni kram kaki saat malam hari. Ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan kram kaki malam hari, tapi mungkin terkait dengan kelelahan otot dan kerusakan saraf. Untuk itu, usahakan melakukan peregangan dan pijat agar bisa membantu menurunkan sakit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement