Jumat 05 May 2017 09:12 WIB

Pemkab Lombok Barat akan Benahi Kawasan Pantai Senggigi

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Sejumlah kapal bersandar di Pantai Senggigi, Lombok Barat, NTB.
Foto: ANTARA/Noveradika/ca
Sejumlah kapal bersandar di Pantai Senggigi, Lombok Barat, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menata kawasan Pantai Senggigi yang menjadi destinasi wisata andalan Lombok Barat.

"Kami sudah putuskan, industri andalan kami adalah wisata," ujar Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id di Mataram, NTB, Jumat (5/5).

Fauzan mengatakan, penataan di kawasan Pantai Senggigi dilakukan agar lebih membuat nyaman para wisatawan yang datang.

"Pada 2017, kawasan ini akan direvitalisasi senilai Rp 3 miliar lebih, dari total Rp 30 miliar yang direncanakan secara keseluruhan," kata Fauzan.

Fauzan menjelaskan, proses penataan akan dimulai dari ujung selatan kawasan Senggigi, yaitu Meninting. Selanjutnya, proses penataan juga akan dilakukan di sejumlah tempat wisata lain yang ada di Lombok Barat, termasuk Taman Narmada yang dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka.

"Di sana (Taman Narmada) ada air awet muda yang kalau diminum bisa bikin orang awet muda," ungkap Fauzan sambil bercanda tentang mitos awet muda di lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement