Rabu 03 May 2017 19:58 WIB

Sambut Ramadhan, Pesona Jagir Festival Kembali Digelar

Pesona Jagir Festival 2017
Foto: ist
Pesona Jagir Festival 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAGIRI, CIAMIS -- Menyambut bulan suci Ramadhan, masyarakat dan komunitas wisata budaya Tatar Galuh kembali menggelar Pesona Jagir Festival 2017 yang didukung Kementerian Pariwisata. Acara akan berlangsung pada 19 hingga 20 Mei 2017 mendatang di Lapangan Jayagiri, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Asdep Personal Kemenpar Wawan Gunawan saat mendampingi Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan, Pesona Jagir Festival 2017 adalah atraksi pariwisata berbasis masyarakat yang banyak mengangkat unsur budaya.

"Festival ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman)," kata Wawan Gunawan dalam keterangan tertulis, Rabu (3/5).

Wawan mengatakan, pelaksanaan Pesona Jagir Festival 2017 akan diperkuat pada materi acara guna membentuk kemasan dan dukungan pada potensi daerah sebagai ciri khas dan jati dirinya menjadikan acara semakin tertata dan lebih meriah serta mempunyai nilai jual.

"Tema tahun ini 'Merawat Pesona Tatar Galuh' untuk memunculkan potensi pariwisata Ciamis. Rencana mengangkat promosi wisata Budaya, Alam, religi, wisata rohani melalui sajian seni budaya masyarakat dan pesantren yang lebih religius, ini acara sangat khidmat dan akan didatangi puluhan ribu orang, melebihi tahun lalu," ujar Wawan.

Beragam atraksi wisata budaya digelar seperti: Bersih Desa Ngaruat Jagat, Pameran Bebegig Sawah, Rampak Kolecer, Pawai Obor, Pengajian, Dzikir Akbar dan Manaqib Qubro, Wisata Ziarah, Musik dan tari religi.

Festival Kuliner Cita Rasa Pasundan, demo masak 100 nasi liwet, dan tumpeng, dipandu Mojang Jajaka Ciamis, dan cara unik ngampar Makan bersama.

Gelaran & Karnaval budaya menampilkan Bebegig Baladewa, Wayang Landung, Buta Kararas, Sisingaan, Kuda Bajir, komunitas pedagang ikan, komunitas motor hias, dan Motor Cross, pesona pakaian adat nusantara, Angklung Dogdog dan Buncis.

Pada siang hari, prosesi Pesona Jagir Festival akan menampilkan komposisi musik 500 suara terektek bambu. Pesta Rakyat Gubyag, tangkap ikan, Perang Leutak, pentas seni Pencak Silat lumpur wargi Saluyu.

Sedangkan prosesi Pesona Jagir Festival malam menampilkan komposisi tari dan lagu, lanjut menari bersama "Bangbung Hideung" diikuti seluruh pengunjung yang hadir di pandu Penyanyi Pop Sunda Rita Tila dan Yanti Puja.

Juga ada Semarak pesta Kembang Api. Musik Tradisi dan modern, Musikalisasi Puisi penyair Sufi Ridwan Ch. Madris, Tari tradisi dan modern, Lawak Aman Amin dan Bajidoran Balad Pandawa menampilkan parade sinden dan penari yang menarik nan cantik dengan pesona mojang Priangan.

"Semoga Pesona Jagir Festival dengan didukung oleh Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis semakin berkembang menjadi milik masyarakat dunia, serta dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan pariwisata nusantara dan semakin dapat memeratakan dan mensejahterakan masyarakat," ujar Wawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement