Jumat 28 Apr 2017 09:44 WIB

Belanja Tepat Sesuai Aturan Perencanaan Keuangan?

Wanita sedang berbelanja.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wanita sedang berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, Di zaman yang serba mahal seperti saat ini membuat kita dituntut untuk lebih pintar dalam mengelola keuangan agar tidak terjadi pemborosan. Banyak hal yang dapat membuat pemborosan, salah satunya yaitu berbelanja kebutuhan sehari-hari yang tidak tepat.

Pembelanjaan uang yang tidak tepat sesuai dengan kebutuhan tentunya akan mengalami kerugian karena pengeluaran akan lebih membesar dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Lalu bagaimana cara belanja yang tepat dan benar? Berikut ini beberapa tanda bila Anda telah tepat berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

Tagihan bulanan terbayar lancar

Salah satu tanda bila Anda telah berbelanja dengan tepat adalah jika semua tagihan-tagihan bulanan terbayar dengan lancar. Tagihan-tagihan bulanan ini bisa berasal dari tagihan listrik, telepon, air, internet, dan lainnya. Semua tagihan ini tentunya harus dibayarkan tiap bulannya dan tidak terkendala. Pembayarannya tagihan pun dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu kredit. Hal inilah tanda jika Anda memang membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin tagihan bulanan terbayar dengan lancar sesuai dengan tempo, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba:

- Persiapkan dana dari pemasukan untuk membayar tagihan sehingga nantinya tidak melewati batas pembayaran.

- Bila memiliki utang, segera lunasi.

Pengeluaran menurun meskipun gaji meningkat

Tanda lainnya jika Anda sudah berbelanja sesuai dengan kebutuhan adalah jika pengeluaran tetap bahkan menurun namun pemasukan semakin meningkat. Sehingga meskipun pendapatan meningkat, gaya hidup tidak berubah dari semula.

Memiliki tabungan masa depan

Tanda jika anda sudah berbelanja sesuai dengan kebutuhan maka tentunya Anda memiliki tabungan yang bisa digunakan pada saat keadaan darurat ataupun di masa mendatang. Dengan berbelanja yang tidak melebihi kebutuhan tentunya Anda dapat menyisihkan pemasukan untuk ditabung demi kebutuhan masa depan. Selain itu, tabungan ini juga dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Tidak membutuhkan kartu kredit

Kartu kredit memang sudah menjadi gaya hidup banyak orang kini. Banyak kemudahan yang dirasakan banyak orang jika menggunakan kartu kredit. Namun jika pemakaian kartu kredit tidak terkendali tentunya akan merugikan. Jika bisa memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan tanpa menggunakan kartu kredit, maka dapat dipastikan jika kebutuhan telah terpenuhi dengan tepat. Namun jika memang membutuhkan keberadaan kartu kredit, maka cobalah untuk menggunakan hanya dalam keadaan darurat saja.

Kesejahteraan hidup meningkat

Tanda-tanda lainnya adalah dapat dilihat dengan kehidupan kesejahteraan hidup yang semakin meningkat tiap waktunya. Dengan membelanjakan uang dengan benar, tentunya Anda akan dapat melakukan investasi yang memberikan keuntungan.

Tentunya jika ingin agar pembelajaan uang tepat sasaran, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan:

- Cobalah untuk membuat daftar atau list barang-barang yang akan dibeli sebelum berbelanja. Hal ini bertujuan agar dapat terhindar dari membeli sesuatu yang tidak diperlukan saat itu.

- Disiplin dengan daftar belanjaan yang sudah dibuat. Jangan membeli barang yang memang tidak tercantum di daftar belanjaan.

- Cara lainnya adalah pada saat akan berbelanja, sebaiknya membawa uang sesuai dengan kebutuhan saja atau lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga. Dengan begitu Anda akan lebih fokus membeli barang-barang kebutuhan utama sehingga tidak akan tergoda untuk membeli kebutuhan yang tidak penting. Selain itu, jika membawa uang yang agak banyak tentunya akan berisiko kejahatan.

- Sesuai yang dijelaskan sebelumnya, hindari penggunaan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol tentunya akan membuat Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran.

- Catat semua pengeluaran kebutuhan anda. Pencacatan ini bertujuan untuk membantu mengulas pengeluaran sehingga nantinya akan memiliki gambaran pengeluaran di waktu lainnya.

- Sebaiknya langsung pulang setelah berbelanja agar tidak tergoda untuk membeli barang-barang lainnya.

Belanja Tepat Sasaran Membantu Keuangan Anda

Berbelanja yang tepat dan sesuai kebutuhan tentunya akan membantu menghemat pengeluaran. Tentunya penghematan ini akan memberikan keuntungan sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement