Jumat 28 Apr 2017 06:17 WIB

Kreasikan Buah Pisang Jadi 5 Makanan Enak dan Murah Ini

Pisang yang sudah sangat matang
Foto: Thekitchn
Pisang yang sudah sangat matang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi buah setiap hari tentu baik bagi kesehatan. Selain rasanya yang manis dan enak, buah mengandung banyak vitamin dan kebaikan lainnya untuk tubuh.

Salah satu buah yang paling banyak digemari adalah pisang. Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah untuk dikonsumsi bagi semua kalangan usia, baik anak-anak hingga dewasa.

Mengonsumsi buah pisang tentu paling enak ketika tingkat kematanganya pas. Karena jika terlalu matang, tampilan buah jadi kurang mengundang selera. Biasanya daging buah akan menjadi lebih lunak dan ada noda di kulitnya.

Akan tetapi bukan berarti pisang yang tingkat kematanganya sudah lebih tidak enak lagi dikonsumsi. Terlebih jika diolah menjadi berbagai olahan berikut, seperti dilansir dari ResepKoki.

1. Bolu Pisang

Bolu adalah dessert yang populer. Bahan-bahannya pun sederhana dan bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa. Mau dipanggang atau dikukus? Keduanya sama enak dan terasa lembut di lidah. Untuk bolu pisang yang wangi, pakailah pisang Ambon, pisang raja, atau pisang raja sere.

2. Roti Pisang

Roti pisang adalah salah satu roti klasik. Umumnya roti ini ditambah dengan isian coklat dan ditaburi dengan parutan keju atau meses di atasnya. Permukaan roti yang mengkilat juga jadi daya tarik. Siapa bilang roti pisang hanya ada di toko? Buat sendiri di rumah juga praktis.

3. Getuk Pisang

Orang Indonesia mengenal getuk sebagai kudapan khas Jawa. Kalau biasanya dibuat dari singkong, kota Kediri membuat versi getuk baru: getuk pisang. Rasa yang manis tentu tak kalah dengan getuk singkong. Pakailah pisang kepok, pisang tanduk, pisang Ambon, atau pisang raja untuk getuk yang lebih enak.

4. Pancake Pisang

Pernah dengar istilah flour-less cake? Pancake juga bisa dibuat tanpa tepung. Pisang kematengan dapat menggantikan fungsi tepung, sehingga pancake pun bebas gluten. Tentunya pancake sehat ini pun mudah dibuat. Ikuti saja resep praktisnya di sini.

5. Pisang Goreng

Gorengan selalu jadi pendamping di segala suasana. Pisang yang dibaluri tepung renyah akan terasa pas untuk teman minum kopi atau teh. Bahannya hanya perlu tepung terigu, garam, air, minyak, dan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement