Sabtu 22 Apr 2017 10:04 WIB

Cara Membuat Pho yang Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pedagang kaki lima pho atau sup mi Vietnam sedang meracik semangkuk pho.
Foto: EPA
Pedagang kaki lima pho atau sup mi Vietnam sedang meracik semangkuk pho.

REPUBLIKA.CO.ID, Menikmati pho dan mendapatkan banyak manfaat kesehatan darinya sangat mungkin. Pertama, yang terbaik adalah mencari restoran Vietnam yang menyajikan makanan tradisional bukan versi makanan cepat saji.

Seperti dilansir dalam laman Lifehack, beberapa restoran melewatkan proses membuang kelebihan lemak dari kaldu pho mereka untuk mendapatkan versi sup yang tidak sehat. Kedua, saat meracik pho Anda di restoran favorit Anda, hati-hati jangan sampai berlebihan dengan bahan tertentu. Terlalu banyak mi beras akan menyebabkan lonjakan glukosa darah Anda dan membuat gemuk.

Demikian pula, menambahkan lebih banyak dari potongan daging ke semangkuk pho akan mengepak kalori ekstra. Sebagai gantinya, perbanyak sayuran seperti taoge, cabai, dan bawang akan mengontrol kadar glukosa darah Anda.

Tapi selain menyesuaikan mangkuk pho Anda agar sesuai dengan gaya hidup sehat Anda, mengapa tidak membuatnya aman dan membuat versi buatan sendiri? Sementara pho secara tradisional dibuat selama satu sampai dua hari, ada banyak resep pho yang hanya membutuhkan sedikit waktu saja. Dengan pho buatan sendiri, Anda bisa lebih banyak mengontrol jumlah lemak, protein, dan karbohidrat yang Anda konsumsi setiap porsi. Kami sarankan memilih pho ayam buatan sendiri karena ayam lebih minim lemak daripada daging sapi.

Disarankan agar bersikap moderat dengan bumbu seperti kecap asin dan saus sambal. Sementara saus ini membantu membuat rasa pho bagus, sodiumnya sangat tinggi. Versi restoran juga cenderung berlebihan dengan natrium dalam pho agar lebih enak. Tapi seperti yang sudah dijelaskan, praktik ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai gantinya, tambahkan hanya sedikit saus dan garam ke pho Anda. Anda juga bisa bermain-main dengan taburan Anda dan menambahkan daun bawang atau brokoli. Pastikan untuk membaca tentang makanan berkalori rendah dan manfaat brokoli sebelum membuat pho buatan sendiri.

Apakah atau tidak pho sehat sangat bervariasi dari satu versi ke versi yang lain. Pho tradisional disajikan dengan kaldu yang dibuang lemaknya kemudian ditambahkan mi, sedikit saus, dan sayuran yang bergizi dan sehat.

Di sisi lain, pho versi makanan cepat saji dikemas dalam natrium dan lemak jenuh mungkin tidak menjadi pilihan terbaik untuk makanan sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, pecinta pho dapat menyesuaikan mangkuk mereka dengan menambahkan lebih banyak sayuran, yang minim dengan bumbu, dan menambahkan mi secukupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement