Selasa 18 Apr 2017 15:17 WIB

Cara Sederhana untuk 'Mengubah Dunia'

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Bahagia menikmati hidup
Foto: Womanitely
Bahagia menikmati hidup

REPUBLIKA.CO.ID, Bercita-cita mengubah dunia jadi tempat yang lebih baik? Tidak perlu memulai dengan hal muluk-muluk karena sejumlah hal sederhana berikut sudah bisa membantu mewujudkannya, dilansir dari laman Red Online.

Bantu tunawisma

Tunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan kepada tunawisma di sekitar. Selain uang, bantuan berupa pakaian, selimut, kantung tidur, air, makanan, bahkan cokelat pasti mereka terima dengan senang hati dan penuh syukur.

Temani lansia

Banyak warga lanjut usia (lansia) yang merasa kesepian di panti jompo. Menjadi relawan dan menghabiskan waktu menemani para lansia dan orang terisolasi dalam komunitas akan membantu melawan epidemi kesepian sekaligus membuat hati bahagia.

Dukung komunitas perempuan

Ada banyak komunitas perempuan marjinal di tiap daerah yang butuh dukungan. Mulai dari penyandang masalah kesejahteraan sosial, korban bencana, anak jalanan, sampai komunitas para ibu yang positif HIV karena pasangan.

Bicara

Saat ini adalah waktu yang tepat untuk melawan semua aksi atau sentimen kebencian terhadap perempuan. Siapa saja perlu angkat bicara dalam forum maupun badan berwenang jika melihat korban pelecehan atau seksisme di sekitar, bahkan bila menjadi korban.

Lakukan kebaikan acak

Berbuat baik secara acak setiap hari akan mengubah dunia dengan cara yang tidak terduga. Berderma, berkunjung ke orang tua, mengirim surat pujian kepada pemerintah, menelepon saudara untuk bertanya kabar, membantu tetangga, termasuk beberapa ide yang bisa dicoba.

Ikut kelas khusus

Ada berbagai forum dan kelas khusus yang kerap menggelar diskusi untuk menganalisis permasalahan sosial budaya. Berinteraksi dengan pembicara atau peserta lain memungkinkan untuk saling berbagi dan membuat perubahan nyata pada dunia sekeliling.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement