Jumat 14 Apr 2017 00:33 WIB

Pantai Oeseli, Surga Kecil di Selatan Indonesia

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pantai Oeseli
Pantai Oeseli

REPUBLIKA.CO.ID, ROTE -- Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah paling ujung selatan Indonesia. Meski masuk dalam wilayah tapal batas, Rote memiliki beragam keeksotisannya sendiri, salah satunya Pantai Oeseli.

Pantai berpasir putih tersebut dilindungi bukit karang besar sehingga tidak terkena ombak besar. Karenanya lokasi ini menjadi favorit para peselancar yang berkunjung ke Rote.

Oeseli juga memiliki gelombang yang tenang dengan air yang sangat bening. Saking jernihnya, bayangan kapal atau sampan yang berlabuh atau berlayar pun terlihat di dasar laut.

Bagi mereka yang hobi snorkeling atau berenang, tentu saja Oeseli jadi pilihan tepat bagi siapapun yang mengujungi Rote. Bahkan, saat laut sedang surut, kita akan disuguhkan oleh pemandangan ratusan bintang laut yang cantik. Bintang laut yang berukuran cukup besar itu memiliki dua warna yaitu merah dan coklat terang. Namun, demi kelestarian mereka diharapkan pengunjung untuk tidak mengambil bintang laut tersebut.

Mengunjungi Oeseli, sayang rasanya kalau hanya sebentar. Sebab, pantai cantik tersebut tidak hanya menyuguhkan putihnya pasir dan jernihnya air laut nan tenang. Karena saat senja, bisa menyaksikan matahari terbenam yang cukup eksotis. Apalagi, banyak hewan -hewan ternak seperti sapi, kambing dan babi yang membuat suasana begitu tradisional.

Keindahan Oeseli tidak hanya sampai disitu. Ada tempat tersembunyi bernama Nirwana. Belum banyak orang mengenal laguna yang ditutup bukit tersebut. Nirwana juga menjadi tempat ideal bagi mereka yang menyukai kesunyian. Apabila sedang surut, pasir putih akan mengelilingi kawasan laguna dan membentuknya seperti danau.

Dengan air yang jernih, ikan -ikan yang terjebak pun bisa kita lihat dengan jelas. Hanya saja, untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung bisa menyewa sampan untuk menyebrangi pantai Oeseli.

Sampan bisa disewa dari penduduk setempat seharga Rp 100 ribu dengan kapasitas 4 orang. Kita bisa mengunjungi Nirwana saat sore ketika surut, atau saat pasang pukul 09.00 WIB. Namun jika sedang pasang. Kita tidak bisa menikmati pasir putihnya.

Untuk mencapai Pantai Oeseli, jika dari Kupang, NTT, bisa menggunakan pesawat kecil atau kapal ferry di pusat kota Rote yaitu Ba,a. Lalu bisa menyewa mobil pribadi untuk diantar langsung ke lokasi selama 1 jam perjalanan. Selama perjalanan di Rote Selatan, kita pun akan disuguhkan pemandangan indah khas wilayah timur. Selain itu, kita juga akan menikmati pantai Nambarela sebelum akhirnya masuk ke kawasan pantai Oeseli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement