Rabu 12 Apr 2017 03:20 WIB

Gugatan pada Ed Sheeran Dibatalkan

Rep: Sri Handayani/ Red: Esthi Maharani
Ed Sheeran
Foto: AP
Ed Sheeran

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Ed Sheeran menghadapi gugatan senilai puluhan juta dolar atas karena dituduh menjiplak lirik dalam lagu Photograph tahun 2014. Penyanyi asal Inggris ini dituduh menjiplak lirik lagu Amazing karya Martin Harrington dan Thomas Leonard yang dirilis oleh mantan pemenang X-Factor Matt Cardle tujuh tahun lalu.  

Dalam dokumen persidangan yang dibuka MailOnline pada Juni 2016, Harrington dan Leonard, bersama HaloSongs, melaporkan Ed dan co-writernya, bintang Snow Patrol Johnny McDaid sebesar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 266 miliar. 

Namun, hakim asal Kalifornia James Selna menyatakan kasus tersebut dibatalkan karena telah ada kesepakatan antara Sheeran dan dua penulis lagu tersebut.  Tidak disebutkan detail kesepakatan yang dimaksud.  

Lagu Photograph diluncurkan 2014 sebagai bagian album Multiply. Belakangan, lagu itu dipakai sebagai latar film romansa Me Before You.  

Sheeran dan McDaid dituduh terlibat dalam skema tertentu untuk saling membantu, menginduksi, dan berkontribusi dalam pelanggaran hak cipta di AS. Harrington dan Leonard mengklaim lagu Photograph telah menjiplak dan mengeksploitasi hak cipta, hasil karya pencipta lagu yang masih aktif dan profesional.  

Para pencipta lagu itu menuduh Sheeran telah menjiplak  lagu tersebut kata per kata, hingga hampir setengah dari keseluruhan lirik lagu Photograph. Mereka juga mempermasalahkan 39 catatan pada bagian chorus yang mencakup nada, durasi irama, dan pengukuran.

Mereka mengklaim ada kesamaan kata-kata, gaya vokal, melodi vokal, melodi, dan ritme. Semua itu menjadi indikator bahwa Photograph telah menjiplak AmazingAmazing dirilis oleh Matt pada 2010. Lagu ini hanya bertengger di urutan 84 dari tangga lagu Inggris.

Meski Matt tak terlibat langsung dalam gugatan tersebut, Harrington dan Leonard memanggil perwakilan Richard Busch, pengacara yang memenangkan gugatan senilai 7 juta dolar atas keluarga Marvin Gaye melawan Robin Thick dan Pharrel Williams pada Maret 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement