Selasa 11 Apr 2017 14:32 WIB

BTS Jadi Grup K-Pop Pertama Masuk Nominasi Billboard Music Award

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Boyband asal Korea Selatan, BTS.
Foto: Alkpop
Boyband asal Korea Selatan, BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggemar grup BTS atau Army sepertinya patut berbangga diri atas prestasi yang diraih idoalnya. Grup Korea Selatan ini sukses masuk ke dalam nominasi Billboard Music Awards.

Pencapaian nominasi tingkat dunia ini diklaim sebagai pengalaman pertama kalinya bagi artis K-Pop. Di ajang kali ini, BTS harus bersaing dengan sejumlah aktris top dunia lainnya, seperti Justin Bieber, Selena Gomez, Ariana Grande dan Shawn Mendes. Grup yang berada dalam naungan BIG Hit Entertainment ini masuk dalam kategori “Top Social Artist”, seperti dikutip Allkpop, Selasa (11/4).

Sebelumnya, PSY sempat masuk nominasi dalam lima penghargaan, seperti “Best New Artist”. Dia juga sempat menang dalam kategori “Top Streaming Song (Video)” dengan lagu “Gangnam Style”-nya pada 2013.

Melihat fakta itu, BTS berarti dapat disebut sebagai artis Korea kedua yang masuk dalam nominasi Billboard Music Awards. Namun apabila dilihat dari aspek K-POP, BTS menjadi yang pertama dibandingkan boyband dan girlband Korea lainnya.

Bangtan Boys atau BTS merupakan grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang, yakni Rap Monster, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook.

Mereka debut pada 13 Juni 2013 dengan singel "No More Dream" dari album pertama “2 Cool 4 Skool”. Album ini membawa BTS meraih banyak penghargaan, seperti 'New Artist of the Year' di MelOn Music Awards dan Golden Disk Awards 2013, serta Seoul Music Awards 2014.

Grup ini kian meroket dengan dirilisnya album penuh kedua mereka, Wings, yang bertengger pada posisi #1 iTunes di lebih dari 26 negara. Album tersebut juga debut pada posisi #26 di Billboard 200 dan menjadi album K-pop dengan peringkat tertinggi sepanjang sejarah. Prestasi ini juga mengantarkan BTS sebagai penyanyi K-pop pertama yang menempatkan tiga albumnya di Billboard 200 dan menghabiskan lebih dari satu minggu di tangga album tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement