Kamis 30 Mar 2017 19:21 WIB

Yuk Jelajah 5 Objek Wisata Ini di Semarang

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Sejumlah wisatawan berkunjung di Obyek Wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (9/3).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Sejumlah wisatawan berkunjung di Obyek Wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (9/3).

REPUBLIKA.CO.ID, Semarang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, alam hingga budaya.

Berikut ini lima wisata alam favorit yang dapat dikunjungi di Semarang seperti dipaparkan oleh Noor Aini Rachmawati selaku Public Relation and Advertising Ezytravel.co.id dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Kamis (30/3).

Umbul Sidomukti

Wisata alam Umbul Sidomukti yang terletak di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan ini memiliki pemandangan yang indah. Fasilitas yang disediakan adalah kolam renang, outbound training, adrenalin gim, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan dan meeting room. Tiket masuknya lumayan murah yaitu Rp 10 ribu dan untuk tiket permainan antara Rp 5.000 sampai Rp 20 ribu.

Tersedia wahana permainan yang memicu adrenalin seperti flying fox, marine bridge dan rappeling melintasi jurang sepanjang 110 meter. Permainan itu akan seperti berpindah dari satu bukit ke bukit lain. Lelah bermain Anda bisa ngadem di kolam dan menikmati keindahan panorama alam. Saat lapar tiba dapat mengisi perut di Pondok lesehan atau Pondok Kopi.

 

Candi Gedong Songo

Candi ini terletak di Dusun Darum, Desa Candi Kecamatan Bandungan. Lokasinya cukup dekat dari Umbul Sidomukti dan berada di ketinggian atau sekitar1200 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi/bus melewati jalan naik dengan kemiringan tajam mencapai 40 derajat. Dibutuhkan pengemudi terlatih untuk melewati jalanan seperti itu.

Candi Gedong Songo memiliki sembilan candi dengan lokasi tersebar di lereng Gunung Ungaran. Pemandangan alam di sekitar candi cukup indah, terdapat hutan pinus tertata rapi serta mata air mengandung belerang. Bila musim hujan, kabut tipis sering turun dari atas gunung akibatnya jarak pandang menjadi tidak jelas. Candi ini dibuka pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dan tiket masuk Rp 6000 sampai Rp 7.500 untuk akhir pekan. Wisatawan mancanegara dikenakan tiket sebesar Rp 35 ribu.

 

Curug Bidadari

Curug ini berlokasi di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono dan hanya berjarak sekitar 7 km dari Candi Gedong Songo. Jadi setelah puas berwisata ke Gedong Songo bisa mampir sejenak di Curug Bidadari ini. Curug ini tidak begitu tinggi, ada 3 tingkatan air terjun yang bisa dilihat.

Perbedaan tingkat air terjun ini sekitar 6 sampai 7 meter, airnya masih jernih dan dikelilingi perbukitan. Konon curug ini menjadi tempat bidadari mandi dan mampu membuat awet muda. Curug ini selalu dipadati pengunjung di tiap akhir pekan atau hari libur. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Semarang tetapi banyak dari luar kota dan buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB

 

Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata air. Dengan luas 2.670 hektar mencakup wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening berada di daerah terendah lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan bisa ditempuh dalam waktu +- 1,5 jam dari Kota Semarang.

Beberapa hal yang menjadi daya tariknya adalah wisata air dengan perahu tradisional, enceng gondok sebagai bahan kerajinan, dan area pemancingan alam. Jika tertarik dapat menyewa perahu motor dengan tarif Rp 30 ribu, selama 30 menit untuk enam orang, dapat menyusuri danau sambil menikmati keindahan pemandangan alam.

 

Eling Bening

Eling Bening adalah tempat wisata yang berlokasi tak jauh dari Rawa Pening, sejak dibuka pada akhir tahun 2015 langsung menyedot perhatian masyarakat. Eling Bening memiliki pemandangan menakjubkan yakni delapan deretan pegunungan, persawahan, kebun kopi dan danau Rawa Pening. Dari Eling Bening juga bisa melihat indahnya matahari terbit atau matahari terbenam.

Eling Bening menyediakan fasilitas lengkap, mulai dari restoran, kolam renang, meeting room, tempat outbound hingga camping ground. Ada juga fasilitas lain mulai dari archery area, children play ground, hill tracking area, stage ceremonial and shows hingga flying fox. Kelebihan lainnya tempat parkir luas dan akses jalan lebar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement