Rabu 29 Mar 2017 17:11 WIB

Pesona Alam Pantai Lumban Bulbul di Balige

Pantai Lumban Bulbul di Balige
Foto: humas tobasa
Pantai Lumban Bulbul di Balige

REPUBLIKA.CO.ID, BALIGE, SUMUT -- Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan alam dan sejuknya air Danau Toba, di sejumlah kabupaten wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Data yang didapatkan di Balige, Rabu (29/3), selain Parapat dan Tigaras di Kabupaten Simalungun, Pantai Pasir Putih Parbaba dan Situngkir di Kabupaten Samosir, Pantai Lumban Bulbul di Balige Kabupaten Toba Samosir, memiliki potensi alam yang bagus.

Pelaku usaha di Pantai Lumban Bulbul, Balata Simangunsong (22) mengatakan, lokasi itu dibuka tiga tahun lalu, dan mulai ramai dikunjungi dalam kurun waktu satu tahun terakhir. "Setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan hari libur Nasional, bisa mencapai ribuan orang dari berbagai daerah," kata Balata.

Panjang pantai pasir di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige itu kira-kira 800 meter dengan hamparan pasir halus kira-kira 50 meter dari jalan tanah dan perairan.

Untuk kelengkapan fasilitas, dibuat taman-taman kecil, ayunan, lapangan voli pantai, tulisan besar "Pantai Lumban Bulbul" di pinggir pantai dan bangunan menjorok ke danau untuk pengunjung yang suka swafoto.

Sebanyak 40-an pelaku usaha juga menyediakan fasilitas permainan untuk anak-anak dan dewasa, seperti sepeda air, kano, banana dan donat boat, serta kapal pesiar.

Mereka juga menyediakan gubuk-gubuk untuk istirahat bagi pengunjung dan keluarga dekat area hamparan pasir yang jumlahnya mencapai ratusan unit.

Para pelaku wisata yang merupakan warga setempat terbilang ramah dan tidak memanfaatkan kesempatan yang ada dengan menetapkan harga makanan, minuman, sewa gubuk dan kamar ganti atau toilet.

Tidak ada retribusi atau tiket/karcis masuk ke objek wisata bahari itu, cukup membayar parkir kendaraan Rp 5.000-Rp 10.000 per unit, gubuk kisaran Rp 20.000-Rp 25.000. Luasnya lokasi pantai pasir dan adanya pembatas bagi pengunjung berenang di perairan Danau Toba, memberikan keamanan dan kenyamanan melepas anak-anak bermain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement